Kesehatan: Manfaat Daun Sambung Nyawa atau Daun Dewa

foto daun sambung nyawa
foto daun sambung nyawa

SURABAYA | ARTIK.ID - Daun sambung nyawa atau dikenal juga sebagai daun dewa, dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman dengan nama latin Gynura procumbens ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Thailand, termasuk di Indonesia.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kengapa Buah-buahan Lebih Bagus Dikonsumsi Sebelum Makan

Antioksidan yang terkandung dalam daun sambung nyawa dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit kanker.

Selain itu, daun ini juga diyakini dapat digunakan untuk mengatasi penyakit jantung dan diabetes.

Ada beberapa khasiat daun sambung nyawa untuk kesehatan yang sudah diteliti, yaitu :

1. Meredakan peradangan
Kandungan etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol dalam ekstak daun sambung nyawa memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus. Oleh karena itu, tanaman ini dipercaya dapat meredakan peradangan, seperti rematik, dan penyakit tertentu yang disebabkan oleh virus.

2. Membantu melawan kanker
Tanaman ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk kanker darah, kanker rahim, dan kanker payudara. Ekstrak dari daun sambung nyawa menunjukkan aktivitas yang dapat mencegah pertumbuhan dan pembelahan sel kanker, serta dapat membunuh sel tersebut. Dengan begitu, penyebaran kanker ke organ lain dapat dicegah.

Meski begitu, penelitian ini masih terbatas pada uji coba laboratorium, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih jauh mengenai efektivitas daun sambung nyawa dalam pengobatan kanker pada manusia.

3. Mengatasi diabetes dan kemandulan
Beberapa penelitian melaporkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, daun ini juga dilaporkan dapat mengatasi masalah kemandulan akibat diabetes dengan cara meningkatkan jumlah, pergerakan, dan kualitas sperma, serta mengurangi persentase sperma yang mati.

4. Mengatasi gangguan pencernaan
Luka pada lambung dan usus yang bisa menyebabkan perdarahan pada saluran cerna juga diyakini dapat diredakan dengan ekstrak daun sambung nyawa. Selain itu, ekstrak daun ini terlihat dapat mencegah terbentuknya tukak lambung dan melindungi lapisan dalam lambung.

5. Mengatasi hipertensi dan melindungi jantung
Beberapa penelitian melaporkan bahwa daun sambung nyawa dapat mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi) dengan cara mencegah aktivitas angiotensin converting enzyme (ACE), yaitu enzim yang mengatur tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Dengan teratasinya hipertensi, risiko untuk terjadinya penyakit jantung juga dapat ditekan.

Baca Juga: Fakta 10 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan yang Mencengangkan

6. Melawan kuman penyebab infeksi
Kegunaan ekstrak daun sambung nyawa dalam mengatasi kuman penyakit telah banyak diteliti. Daun ini dilaporkan dapat mencegah perkembangbiakan Plasmodium penyebab malaria.

Tidak hanya itu, daun sambung nyawa juga dapat menghambat aktivitas virus penyebab herpes simpleks; bakteri penyebab infeksi, seperti Bacillus cereus, Pseudomonas aeruginosa, Vibrio cholerae, dan Salmonella typhi; serta jamur penyebab kurap, seperti Candida albicans dan Aspergillus niger.

7. Mencegah penyakit ginjal
Sebuah penelitian melaporkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa dapat menghambat pembelahan sel dan sintesis DNA yang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal.

Meski begitu, semua penelitian tersebut masih sangat terbatas. Masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan manfaat daun sambung nyawa pada kesehatan, efektivitasnya untuk mencegah maupun mengatasi penyakit, serta dosis dan keamanannya bila digunakan sebagai pengobatan herbal.

Cara Mengonsumsi Daun Sambung Nyawa

Baca Juga: Ternyata Alpukat Bermanfaat untuk Kesehatan

Daun sambung nyawa dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Anda bisa memakannya dalam keadaan mentah sebagai lalapan atau mengolahnya menjadi lauk.

Rebusan daun sambung nyawa juga dapat Anda minum seperti meminum teh dengan cara merebus beberapa helai daunnya dan meminum air rebusannya.

Meski banyak khasiat atau manfaat daun sambung nyawa yang sudah diteliti, belum ada bukti yang cukup untuk memastikan manfaat tanaman ini dalam pengobatan.

Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi daun sambung nyawa, terlebih jika Anda sedang menggunakan obat-obatan tertentu, sedang hamil, atau sedang menyusui. (*)

Artikel : dr. Alya Hananti
Diperbarui : 28 Januari 2023
Ditinjau : dr. Sienny Agustin

Editor : Bahri