Nikah Massal di Surabaya dalam Tema Pesta Kebun, Suasana Balai Kota Sumringah dan Berbunga

Nikah Massal di Surabaya (FOTO: Fuday)
Nikah Massal di Surabaya (FOTO: Fuday)

SURABAYA | ARTIK.ID - Suasana meriah menyelimuti Balai Kota Surabaya, Selasa (2/7/2024) dalam gelaran Resepsi Akbar Isbat Nikah Massal. Sebanyak 330 pasangan pengantin asal Kota Pahlawan dipersatukan dalam pesta kebun yang penuh warna dan kebahagiaan.

Acara ini diawali dengan prosesi isbat nikah di Gedung Siola Lantai 4 pada pagi hari. Setelah resmi menjadi pasangan suami istri yang sah secara agama dan negara, para pengantin kemudian berganti baju adat dan dirias oleh MUA untuk tampil menawan di resepsi pernikahan mereka.

Baca Juga: Konser Puncak HJKS Ke 731 Goyang Warga Surabaya, Eri Cahyadi Siapkan Venue Baru di THR

Dekorasi bunga-bunga yang indah menghiasi pelaminan sepanjang 30 meter di area Balai Kota, menyambut para pengantin yang dikirab dari Balai Pemuda. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi turut hadir dan memberikan sambutan hangat kepada para pengantin.

Baca Juga:

Lebih dari sekadar memeriahkan pernikahan, Isbat Nikah Massal ini memiliki tujuan mulia, yaitu untuk menertibkan administrasi pernikahan warga Surabaya.

Eri Cahyadi menegaskan, pernikahan yang sah secara agama dan negara akan melindungi hak dan kewajiban pasangan suami istri, terutama hak anak-anak yang dilahirkan.

"Harapannya tahun ini kita selesaikan isbat nikah, dan tahun depan fokus pada pernikahan baru. Bagi yang ingin menikah tapi terkendala biaya, Pemkot Surabaya akan membantu," ujar Eri Cahyadi.

Isbat Nikah Massal tahun 2024 mengalami peningkatan peserta dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat untuk meresmikan pernikahan mereka. Peserta isbat nikah kali ini berasal dari berbagai usia, dengan pasangan tertua berusia 70 tahun dan istrinya 64 tahun.

"Kami senang sekali setelah bertahun-tahun akhirnya bisa melegalkan pernikahan secara agama dan negara. Sekarang sudah tidak sulit lagi mengurus surat-suratnya," ungkap Ayos Sudarmo (50), salah satu peserta isbat nikah.

Selain mendapatkan penetapan keputusan dari Pengadilan Agama (PA) dan buku nikah dari KUA, para peserta isbat nikah juga menerima akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) bagi mereka yang sudah memiliki anak. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan hadiah peralatan rumah tangga dari Wali Kota Eri Cahyadi. (red)

 

Editor : Jabrik