Mahasiswa FPD Universitas Ciputra Unjuk Gigi di Fashionology 2024 dengan Karya yang Memukau

SURABAYA | ARTIK.ID - Program Studi Fashion Product Design & Business (FPD) Universitas Ciputra Surabaya menggelar pameran dan fashion show bertajuk "Fashionology" pada 7-9 Juni 2024. Acara tahunan ini menampilkan karya terbaik para mahasiswa semester 8 sebagai tugas akhir sebelum lulus.

Dosen FPD dan ketua acara Fashionology, Yoanita Kartika Sari Tahalele dalam siaran pers, Selasa (11/6) mengatakan, Fashionology merupakan wadah bagi mahasiswa tugas akhir FPD untuk memamerkan karya mereka sekaligus melakukan test market.

Baca Juga:

"Pengunjung Mall Ciputra World Surabaya dapat memberikan masukan langsung, bahkan membeli karya-karya tersebut," ungkap Yoanita.

Tahun ini, fashion show diikuti oleh 48 mahasiswa tugas akhir dengan mengusung tema Wastra, Sustainability, Gender Equality, dan Art Innovation. Salah satu karya menarik datang dari Selena Marieann Heinrich Phang yang memanfaatkan limbah logam dengan gaya Avant-garde.

"Konsep saya bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan limbah logam, khususnya timah. Logam timah mudah dilelehkan dan diolah kembali menjadi aksesoris atau busana baru, sehingga tidak menjadi limbah lagi," papar Yoanita.

Selain pameran dan fashion show, Fashionology tahun ini juga menghadirkan pertukaran budaya dan pendidikan dengan Universitas Malaysia dan Tiongkok.

"Karya tugas akhir para mahasiswa mengangkat beberapa isu penting, seperti limbah di dunia fesyen, kesetaraan gender, dan pelestarian budaya lokal," tuturnya.

Menurut Yoanita, Fashionology tidak hanya menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menunjukkan kreativitas mereka, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu penting

"Kami berharap acara ini dapat menginspirasi generasi muda untuk berkarya dan berkontribusi positif bagi dunia," pungkas Yoanita. (red)

 

Editor : Jabrik