Tingkatkan Efisiensi Penggunaan Komunikasi Digital, Fikom Universitas Ciputra Gelar Kembali KONAIKOM

SURABAYA | ARTIK.ID - Konferensi Nasional Ilmu Komunikasi (KONAIKOM) ke-3 tahun 2024 bertema "Communication Shifts In The Digital Age" yang digelar dengan tujuan menjembatani para ahli, praktisi, dan akademisi dalam mengeksplorasi serta menganalisis dinamika komunikasi di era digital.

Mengingat perkembangan teknologi dan komunikasi terus melaju pesat, merambah setiap aspek kehidupan manusia.

Baca Juga: Mahasiswa FPD Universitas Ciputra Unjuk Gigi di Fashionology 2024 dengan Karya yang Memukau

Sejak dekade 1990-an hingga 2000-an, masyarakat mulai memasuki era digital dengan hadirnya internet, ponsel, laptop, dan data mobile yang terus mengalami pembaruan.

Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 mempercepat proses digitalisasi, memaksa masyarakat Indonesia untuk beradaptasi dengan kegiatan daring seperti bekerja dan belajar dari rumah.

Hal ini mempercepat perkembangan aplikasi komunikasi online, memungkinkan interaksi tanpa tatap muka langsung dan mendukung percepatan digitalisasi di Indonesia.

KONAIKOM 3.0 yang digelar oleh Fikom Universitas Ciputra diharapkan menjadi platform bagi peserta untuk menyampaikan ide dan gagasan dalam karya ilmiah yang berdampak positif pada lingkungan sekitar.

Selain itu, konferensi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya adaptasi terhadap perubahan komunikasi digital, serta mendorong inovasi dalam komunikasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas di berbagai bidang seperti bisnis, pendidikan, dan aktivitas lainnya.

Baca Juga: Pesona Arsitektur Eropa dan Cita Rasa Istimewa di Kafe 27 Kenjeran Surabaya

Juru Bicara KONAIKOM, Rizky Maulana Aulya, Rabu (29/5) mengatakan, acara tersebut akan dilaksanakan secara offline dan hybrid, menggabungkan seminar dan call for papers tingkat nasional.

"Acara seminar akan menghadirkan pembicara profesional yang akan berbagi pengalaman dan wawasan mereka di bidang komunikasi digital," tutur Rizky Maulana.

Sementara itu, dalam sesi call for papers, peserta yang telah mengumpulkan dan mendaftarkan paper mereka akan mempresentasikan hasil penelitian mereka setelah melalui proses review.

Baca Juga: Ciputra Film Festival 2024, Siap Ramaikan Event di Kota Surabaya

Paper yang terpilih akan mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dan dimuat dalam proceeding paper.

'Paper terbaik akan diterbitkan dalam jurnal terakreditasi serta jurnal nasional dan mahasiswa," pungkas Rizky Maulana.

(diy)

Editor : Jabrik