Jet tempur Norad Intersep Pembom Strategis Tu-95MS dan Su 35 Rusia

avatar Artik News
Jet Tempur Generasi 4,5 SU 35 Rusia
Jet Tempur Generasi 4,5 SU 35 Rusia

JAKARTA | ARTIK.ID - Jet tempur Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD) dikerahkan pada Senin (13/02/2023) untuk mencegat pembom strategis Rusia Tu-95MS dan jet tempur Su-35.

“Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD) Wilayah Alaska mendeteksi, melacak, mengidentifikasi secara positif, dan mencegat empat pesawat Rusia yang memasuki dan beroperasi di dalam Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska (ADIZ),” kata NORAD di Twitter, Selasa (14/02/2023)

Baca Juga: Medvedev Sebut, Siapapun yang Berkuasa di AS, Hubungan dengan Rusia Tidak akan Membaik

“Pesawat Rusia termasuk pesawat tempur TU-95 BEAR-H dan SU-35,” katanya Layanan Pers NORAD.

Menurut pernyataan NORAD, pesawat Rusia "tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika atau Kanada."

“Aktivitas Rusia di ADIZ Amerika Utara ini terjadi secara teratur dan tidak dilihat sebagai ancaman, juga tidak dianggap sebagai aktivitas provokatif,” ujarmya.

Pusat Layamam Pers NORAD menambahkan, bahwa rata-rata, sekitar enam atau tujuh intersepsi serupa terjadi setiap tahun.

Baca Juga: Jet Tempur Generasi ke 5 'Checkmate' Rusia Segera Diproduksi, Lebih Murah dari F 35

NORAD juga menilai bahwa aktivitas penerbangan Rusia ini "sama sekali tidak terkait dengan operasi NORAD dan Komando Utara AS baru-baru ini yang terkait dengan objek udara.

Sebelumnya pada hari Selasa, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa dua pembom strategis turboprop Tu-95MS melakukan penerbangan di atas perairan netral Laut Bering. Misi berlanjut selama lebih dari tujuh jam.

Awak penerbangan jarak jauh Rusia secara teratur terbang di atas perairan internasional di atas Arktik, Atlantik Utara, Laut Hitam dan Baltik, dan Samudra Pasifik. Semua pesawat Angkatan Udara Rusia melakukan penerbangan mereka dengan sangat mematuhi aturan internasional.

Baca Juga: Fakta di Balik Penampakan UFO di Kawasan Artik Kutup Utara yang Menghebohkan

Tu-95 MC adalah pembom strategis turboprop Soviet dan Rusia dari Penerbangan Jarak Jauh Angkatan Udara Rusia. Itu dimaksudkan untuk menghancurkan dengan berbagai senjata, termasuk senjata nuklir, target di distrik geografis militer terpencil dan di bagian belakang teater kontinental dari permusuhan militer. Modifikasi Tu-95MC dirancang pada tahun 1970-an. Ini memiliki instalasi ejeksi multi-posisi untuk penyebaran rudal jelajah jarak jauh.

Bobot lepas landas maksimum adalah 185 ton; beban tempur adalah 25 ton; jangkauan praktisnya adalah 10.500 km. Awak kapal terdiri dari tujuh anggota.

Editor : Fudai