Pilih Mana? Pesawat Tempur F/A-18 AS Atau Su-35 Rusia, Berikut Keunggulan dan Kekurangannya

Ilustrasi graphis: Fuday
Ilustrasi graphis: Fuday

SURABAYA | ARTIK.ID - Pesawat tempur selalu menjadi fokus utama dalam perdebatan pertahanan militer, dengan masing-masing jenisnya memiliki keunggulan dan kekurangan yang unik.

Maka perbandingan antara F/A-18 dan Su-35 menjadi sangat menarik, karena keduanya merupakan pesawat tempur andalan dari negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Rusia.

Baca Juga: Jet Tempur Generasi ke 5 'Checkmate' Rusia Segera Diproduksi, Lebih Murah dari F 35

Terlebih lagi Indonesia telah menggagalkan akuisisi SU-35 dan lebih memilih F/A-18.

Berikut adalah analisis perbandingan versi artikpedia antara kedua pesawat tersebut:

Performa:

F/A-18, terutama versi Super Hornet, menampilkan kecepatan dan ketahanan yang solid, cocok untuk berbagai misi mulai dari serangan udara hingga dukungan serangan darat.

Sementara itu, Su-35 menonjol dalam manuverabilitas dan kemampuan bertempur jarak dekat, menjadikannya pesawat superioritas udara yang tangguh.

Avionik:

F/A-18 dilengkapi dengan sistem avionik canggih, termasuk radar AESA dan suite sensor modern.

Di sisi lain, Su-35 memiliki radar PESA yang kuat dan sistem targeting yang sangat canggih, memberikannya keunggulan dalam deteksi dan pelacakan target.

Persenjataan:

Baca Juga: Proyek KF 21 Boramae Idonesia Terancam Mandek Sebab RI Tidak Punya Uang

Kedua pesawat ini memiliki kemampuan membawa berbagai jenis senjata, termasuk rudal udara-ke-udara, udara-ke-darat, dan bahkan rudal anti-kapal. F/A-18 mungkin lebih fleksibel dalam hal konfigurasi senjata, tetapi Su-35 menawarkan kemampuan tempur jarak jauh yang lebih unggul.

Kinerja dalam Pertempuran Udara:

F/A-18 serbaguna dan cocok untuk berbagai situasi pertempuran udara, tetapi mungkin kurang kompetitif dalam pertempuran jarak dekat langsung. Sebaliknya, Su-35 mungkin lebih diunggulkan dalam pertempuran jarak dekat dan menengah berkat manuverabilitasnya yang luar biasa.

Harga:

F/A-18 umumnya memiliki biaya per unit yang lebih tinggi dibandingkan Su-35. Namun, biaya operasional dan dukungan mungkin berbeda tergantung pada kebutuhan masing-masing negara.

Faktor Operasional:

Baca Juga: Serangan Ukraina Nihil, Rusia Antisipasi Tindakan Brutal Kiev Jelang KTT NATO

F/A-18 digunakan secara luas oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dan beberapa negara mitra, sementara Su-35 merupakan pesawat tempur utama Angkatan Udara Rusia dan hanya beberapa negara yang memilihnya sebagai opsi pertahanan udara.

Pengembangan dan Modernisasi:

Kedua pesawat ini memiliki potensi untuk pengembangan dan modernisasi lebih lanjut. F/A-18 dan Su-35 telah melalui beberapa program modernisasi.

Dalam menyimpulkan, perbandingan antara F/A-18 dan Su-35 melibatkan banyak faktor yang beragam, termasuk performa, avionik, persenjataan, dan faktor ekonomi.

Pilihan antara kedua pesawat ini akan sangat dipengaruhi oleh kebutuhan spesifik suatu negara, strategi pertahanannya, dan faktor-faktor politik dan ekonomi yang terlibat.

Editor : Jabrik