Kadepmar AAL Lepas 13 Taruna Korps Marinir Latihan Bhumyamca Yudha

SURABAYA | ARTIK.ID - Kepala Departemen Marinir Akademi TNI Angkatan Laut (Kadepmar AAL), Kolonel Marinir Rana Karyana, mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Supardi, melepas upacara pemberangkatan latihan dan praktek (Lattek) Bhumyamca Yudha Taruna AAL Tingkat IV Korps Marinir Angkatan ke-69 di lapangan Arafuru Ksatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (6/7).

Upacara pemberangkatan Lattek Bhumyamca Yudha yang diikuti oleh 13 Taruna AAL Korps Marinir ini dihadiri oleh para Perwira Depmar AAL, Pelatih dari Depmar AAL, serta Pelatih dari Kolatmar.

Baca Juga: Melintasi Laut Merah, Prajurit TNI AL Satgas Port Visit Mesir 2024 Tetap Semangat Olahraga

Lattek ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 - 21 Desember 2023 mendatang.

Kadepmar AAL dalam amanatnya menyampaikan bahwa Lattek Bhumyamca Yudha ini merupakan salah satu tahapan penting dalam pendidikan Taruna AAL Korps Marinir.

Lattek ini bertujuan untuk mendidik dan membekali para Taruna agar memiliki keterampilan dalam melaksanakan tugas teknik dan taktik operasi amfibi dan operasi darat lanjutan pada tingkat Peleton hubungan Kompi.

"Semoga dengan mengikuti Lattek ini, para Taruna dapat mengaplikasikan keterampilan yang telah diperolehnya dalam kedinasan untuk melaksanakan tugas sebagai Danton infanteri serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader Pemimpin TNI Angkatan Laut," papar Kolonel Marinir Rana Karyana.

Baca Juga: Personel Pamtas Yonif 11 Marinir Gelar Patroli Penyelidik dan Pengepungan Musuh di Sorong

Adapun materi pokok yang akan dipelajari dalam Lattek Bhumyamca Yudha ini meliputi latihan teknis dan latihan taktis.

Materi latihan teknis meliputi embarkasi debarkasi material dan personel pasrat, keluar masuk RRF dan SPP, naik turun jaring, kehidupan di kapal, dan gerakan kapal ke pantai (GKK). Sedangkan untuk materi latihan taktis meliputi teori praktis, taktis pendaratan, operasi amfibi, Bunis, operasi darat, dan latihan praktek GKK lintas helly.

Kadepmar AAL selaku Pimpinan latihan (Pimlat) menekankan kepada para Taruna agar melaksanakan kegiatan Lattek Bhumyamca Yudha ini dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Tidak Jadi Borong Neptune, Indonesia Malah Pesan Rudal Anti Kapal CM-302 Buatan China

"Manfaatkan waktu yang ada dengan belajar dan berlatih serta laksanakan semua instruksi dari para pelatih. Lebih lanjut, agar selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan baik personel maupun material," pungkasnya.

(red)

Editor : Fudai