Unitomo dan Unram Teken MOU, MOA, untuk Perkuat Kerjasama Bidang Pendidikan dan Penelitian

SURABAYA | ARTIK.ID - Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) melakukan kunjungan penting ke Universitas Mataram (Unram) yang dipimpin oleh Rektor Unitomo, Prof. Dr. Siti Marwiyah, SH, MH.

Turut serta dalam kunjungan ini adalah Wakil Rektor 4 bidang Kerjasama, Prof. Dr. Nur Sayidah, S.E., Ak., M.M, serta Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Kejora Handarini, S.TP., M.P. Kunjungan ini diinisiasi oleh Fakultas Pertanian yang berhasil mendapatkan Hibah Dikti Program PKKM.

Baca Juga: Laka di Depan Starbucks Ngagel, Mahasiswa Unitomo Pingsan Karena Pendarahan di Kepala

Latar belakang kunjungan ini adalah upaya untuk meningkatkan minat mahasiswa pada Program Studi Agrobisnis Perikanan Fakultas Pertanian yang belakangan ini mengalami penurunan jumlah mahasiswa.

Untuk mengatasi hal ini, diperlukan inovasi dalam pembelajaran berbasis kewirausahaan, sehingga dikembangkan konsep MINI Fisheries Techno Park yang diajukan dalam HIBAH PKKM 2024.

Salah satu solusi dari gap analisis adalah kurangnya mitra kerjasama dengan perguruan tinggi (PT). Oleh karena itu, Unram dipilih sebagai mitra karena Program Studi Agribisnis Unram unggul dan memiliki banyak mahasiswa dari daerah timur, khususnya Mataram.

Kerjasama ini diharapkan dapat melebarkan sayap di luar Pulau Jawa, mengingat Unitomo sudah memiliki mitra di Pulau Jawa. Selain itu, salah satu alumni dari Prodi Budidaya Perairan Unitomo menjabat sebagai Kaprodi Budidaya Perairan di Unram.

Sebelumnya ada 6 mahasiswa dari prodi BP, AP, dan PSDP, FP Unitomo yang sudah mempublikasikan karya mereka di Jurnal Perikanan Unram. Namun, selama ini belum ada IA nya. Sehingga hari ini MOU dan MOA dan sekaligus juga IA.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., menyambut baik kunjungan ini dan menyatakan bahwa banyak peluang kolaborasi yang dapat dilakukan antar perguruan tinggi untuk menciptakan keseimbangan dan memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU).

Dirinya juga menekankan pentingnya pengembangan penelitian bagi para guru besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Prof. Bambang optimis bahwa sinergi antara Unram dan Unitomo akan membawa banyak manfaat.

"MOU tanpa IA tidak bermakna, mari bersama meningkatkan IA sebanyak-banyaknya," tambahnya.

Rektor Unitomo, Prof. Dr. Siti Marwiyah, SH, MH, menyatakan bahwa kunjungan ke Unram memberikan banyak wawasan berharga untuk perbaikan Unitomo ke depan.

Kedua universitas sepakat untuk saling mendukung dan terus meningkatkan implementasi kerjasama demi kemajuan bersama. (red)

Editor : Jabrik