Istri Ketua DPRD Gianyar, Gusti Ayu Warsini, Dorong Pengelolaan Sampah yang Lebih Baik di Gianyar

Gusti Ayu Warsini, (Tiga dari kiri) istri Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, Wayan Tagel Winarta
Gusti Ayu Warsini, (Tiga dari kiri) istri Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, Wayan Tagel Winarta

GIANYAR | ARTIK.ID - Gusti Ayu Warsini, istri Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, Wayan Tagel Winarta, memberikan komentarnya mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang efektif di Gianyar. Ditemui di kediamannya di Banjar Manca Warna, Desa Sanding, Tampaksiring, Gianyar pada Kamis, 23 Mei 2024, Gusti Ayu Warsini menyoroti perlunya pemilahan sampah dari sumbernya untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Gusti Ayu Warsini menjelaskan bahwa masyarakat Gianyar telah memiliki sistem pemilahan sampah yang cukup baik. "Di sini, sampah organik diambil setiap empat hari sekali, sedangkan sampah plastik diangkut pada hari Selasa dan Senin. Namun, masih banyak masyarakat yang membakar sampah di belakang rumah mereka. Hal ini harus diubah," katanya.

Baca Juga: Kedes Temesi Apresiasi Program 'Berkunjung dan Berbagi' Bimtek Aku Hatinya PKK dan Desa Peduli Gigi

Menurut Gusti Ayu, solusi yang ditawarkan adalah dengan mendorong masyarakat untuk lebih serius dalam memisahkan sampah di rumah tangga. "Sampah yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari harus dipilah dengan baik. Sampah organik sebaiknya diolah menjadi kompos, sedangkan sampah plastik bisa didaur ulang atau dijual kembali. Ini akan membantu mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA dan menjaga lingkungan tetap bersih," ujarnya.

Baca Juga: Desa Petak Pelopor Pengelolaan Sampah Organik di Bali, Kerjasama Yayasan Harapan Lingkungan Hidup

Ia juga menekankan pentingnya peran pemerintah dalam mengelola sampah. "Pemerintah perlu lebih aktif dalam mengawasi dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemilahan sampah. Dinas kebersihan lingkungan harus lebih sering melakukan pengangkutan sampah, minimal seminggu sekali, agar tidak menumpuk dan menyebabkan lingkungan menjadi kumuh," tambahnya.

Gusti Ayu Warsini berharap ada kerjasama yang lebih baik antara pemerintah dan masyarakat dalam menangani masalah sampah. "Saya berharap pemerintah bisa menyediakan lebih banyak fasilitas pengolahan sampah dan mengadakan program-program edukasi tentang pentingnya pemilahan sampah. Masyarakat juga harus ikut berperan aktif, tidak hanya mengandalkan pemerintah. Semua pihak harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat," pungkasnya.

Baca Juga: Desa Bakbakan Juara 2 Lomba Sinergitas PUSPA AMAN, Taman Hatinya PKK, Pengolahan Sampah dari Sumber

Komentar dari Gusti Ayu Warsini ini diharapkan dapat memberikan dorongan kepada masyarakat Gianyar untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan aktif dalam mengelola sampah rumah tangga dengan lebih baik. Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, masalah sampah di Gianyar diharapkan dapat teratasi dengan lebih efektif.(*)

Editor : LANI