Bank Surya Membuka Babak Baru sebagai Bank Perekonomian Rakyat, Fokus Layani Pelaku UMKM

GIANYAR | ARTIK.ID - Bank Surya, sebelumnya dikenal sebagai Bank Perkreditan Rakyat (BPR), mengumumkan langkah penting dalam transformasi bisnisnya dengan mengubah namanya menjadi Bank Perekonomian Rakyat.

Keputusan ini diambil sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan fokus dalam memberikan layanan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca Juga: Desa Temesi Memimpin Inisiatif Progresif: Deklarasi Telajakan Bersemi dan Desa Peduli Gigi

Direktur PT BPR Suryajaya Ubud, yang lebih dikenal sebagai Bank Surya, I Gede Dwi Kusuma Negara, SE, menyampaikan bahwa perubahan nama tersebut memberikan kesempatan untuk lebih memfokuskan diri pada pelayanan kepada UMKM.

"Dengan mengadopsi nama Perekonomian Rakyat, kami ingin menegaskan komitmen kami untuk lebih mendukung pertumbuhan UMKM, sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar yang semakin berkembang," katanya.

Baca Juga: PT BPR Suryajaya Ubud (Bank Surya) Menggelar Tirtayatra di Pura Agung Besakih

Perubahan ini juga sejalan dengan Undang-Undang P2SK yang memperluas fungsi dan peran BPR. Menurut I Gede Dwi Kusuma Negara, ada beberapa poin penting yang ditambahkan dalam undang-undang tersebut, seperti kemampuan untuk melakukan penyertaan kepada lembaga pengayom, pembelian jaminan debitur yang bermasalah, dan kemampuan untuk melakukan penawaran umum saham. Selain itu, sinergi dengan bank umum juga semakin ditingkatkan untuk lebih optimal dalam melayani UMKM.

"Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada nasabah, termasuk melalui layanan berbasis teknologi seperti mobile banking. Kami juga telah melihat kesuksesan dalam kolaborasi dengan beberapa UMKM dalam hal pembayaran melalui QRIS," tambahnya.

Baca Juga: LPD Desa Adat Tulikup Kelod Bangkit dari Masa Sulit, Masyarakat Diminta Mempercayai Pengurus Baru

Bank Surya akan terus menggalakkan upaya untuk membina UMKM, dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian Indonesia. Dengan menghadapi tantangan di tahun 2024, Bank Surya optimis dapat mencapai targetnya dan berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan dan digitalisasi UMKM.

Perubahan nama ini akan segera diumumkan secara resmi dan disosialisasikan kepada masyarakat melalui media sosial. Bank Surya berharap bahwa dengan langkah ini, mereka dapat terus menjadi mitra terpercaya bagi UMKM dalam mewujudkan potensi ekonomi yang lebih besar. (lani)

Editor : LANI