Transformasi Agro Wisata Tulikup: Potensi Destinasi Wisata Unggulan yang Ramah Lingkungan

GIANYAR | ARTIK.ID - Perkembangan pariwisata yang berkelanjutan menjadi fokus utama bagi tokoh masyarakat Desa Tulikup Kelod, I Dewa Alit Tenggaan. Bertempat di Agro Wisata Tulikup Kelabah Tendangin Tulikup Gianyar, pada Sabtu, 30 Maret 2024, ia berbicara tentang transformasi obyek wisata berbasis alam yang berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan di daerahnya.

"Ketika itu, ide ini sudah saya bawa ke Bumdes karena saya juga pengawas di sana. Rencana awalnya adalah untuk pengembangan wisata air, mengingat adanya terowongan yang ada di area tersebut. Namun, kendala terkait dana membuat kami berpikir lebih kreatif," ungkap Dewa Alit.

Baca Juga: Misteri Kuburan China Berusia 450 Tahun di Agro Wisata Desa Tulikup

Mulai dari penanaman duren hingga peluncuran Agro Wisata Tulikup, upaya telah dilakukan untuk mengubah lahan kering dan sawah yang tidak termanfaatkan menjadi tempat wisata alam yang menarik. Ia menambahkan bahwa dukungan penuh diperlukan untuk merumuskan rencana pengembangan, terutama terkait dengan pengembangan wisata air yang memiliki potensi aliran sungai sepanjang 3 km.

Baca Juga: Kisah Pilu Keluarga Pande Putu Mudiana: Dua Anak Epilepsi, Nunggak BPJS Kesehatan hingga Rp 25 Juta

"Masyarakat perlu kami edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai ini. Saya optimis Agro Wisata Tulikup akan berkembang pesat karena menyajikan pengalaman wisata yang unik, di mana pengunjung bisa menikmati alam sambil menikmati buah-buahan segar," ujarnya.

Selain itu, Dewa Alit juga berharap dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat untuk menjaga dan mengembangkan Agro Wisata Tulikup. "Ini adalah langkah penting untuk menciptakan jejak yang berkelanjutan bagi generasi mendatang. Dengan menjaga keberlanjutan alam, kita bisa memberikan hiburan yang berbeda bagi wisatawan, sambil memperkenalkan keindahan desa kepada mereka," tambahnya.

Baca Juga: KSP Bali Sinar Pandawa Serahkan Santunan Untuk Ahli Waris yang Ikut Program BPJS Ketenagakerjaan

Pada kesempatan pembukaan, perangkat desa dan lembaga adat setempat telah diundang untuk memberikan dukungan resmi. Dewa Alit berharap ke depannya, Agro Wisata Tulikup akan semakin dikenal dan mendapat pengakuan yang lebih luas, sebagai destinasi wisata yang ramah lingkungan dan berkesinambungan.(Tim)

Editor : LANI