Desa Temesi Memimpin Inisiatif Progresif: Deklarasi Telajakan Bersemi dan Desa Peduli Gigi

GIANYAR | ARTIK.ID - 28 April 2024 - Desa Temesi di Bali mengukuhkan posisinya sebagai pionir dalam upaya konservasi lingkungan dan kesehatan masyarakat dengan menggelar acara Deklarasi Telajakan Bersemi dan Desa Peduli Gigi (Deligi). Acara yang dihadiri langsung oleh Pelaksana Tugas Ibu Gubernur Bali (Ny drg Ida Mahendra Jaya) serta didampingi Ibu PJ Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar (Ny. Widiastuti Wirasa) ini menandai komitmen serius Desa Temesi untuk mencapai keberlanjutan dan kesejahteraan.

Pande Made Sama, Sekretaris Desa Temesi, menjelaskan bahwa acara ini merupakan bagian dari program yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Bali. "Deklarasi hari ini bertujuan untuk mendorong keberlanjutan kebersihan lingkungan serta mengembangkan potensi ekonomi melalui pengembangan desa wisata," ungkapnya saat diwawancarai oleh Newsyess pada hari Minggu 28 April 2024.

Baca Juga: Kunjungan Anggota DPR RI ke TPA Desa Temesi: Apresiasi dan Harapan untuk Program Pengelolaan Sampah

Dalam deklarasi tersebut, fokus utama mencakup kebersihan lingkungan dari tingkat rumah tangga hingga ke tingkat desa, serta pengembangan desa wisata untuk meningkatkan perekonomian lokal, dan ada, ratuasan tanaman, di pajang di sepanjang jalan, telajakan Desa Temesi lengkap sebab, potonya menambah indahnya Desa, Temesi, Program ini mendapat apresiasi yang tinggi dari Pj Ibuk Gubernur Bali dan sejalan dengan visi pembangunan Provinsi Bali.

Selain itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Temesi, I Ketut Purnajiwa, menyambut baik inisiatif ini. "Program ini sangat bagus dan diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama dalam pengembangan desa wisata dan peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD)," ujarnya.

Baca Juga: Kepala Desa Temesi Menolak Perluasan TPA dan Meneguhkan Dukungan terhadap Program Pengelolaan Sampah

Purnajiwa juga menyoroti pentingnya perbaikan infrastruktur, khususnya jalan protokol dan akses menuju desa. Dia menegaskan perlunya koordinasi antara BPD dan Kepala Desa untuk mengarahkan sumber daya dan perhatian pada pembenahan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata.

Acara ini juga menjadi momentum bagi masyarakat Desa Temesi untuk bersinergi dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan bersama. Kolaborasi antara adat, pemerintah desa, dan instansi terkait diharapkan dapat menghasilkan perubahan positif yang signifikan bagi masa depan Desa Temesi.

Baca Juga: Atasi Kelangkaan Air: Kepolres Gianyar Resmikan Sumur Bor Sari Pertiwi di Pura Lumbung Desa Sukawati

Dengan semangat yang menyala-nyala, Desa Temesi siap untuk memimpin langkah-langkah berani dalam menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat, sambil membuka peluang baru dalam pengembangan ekonomi lokal.(*)

Editor : LANI