Khofifah Indar Parawansa Berikan Penghargaan K3 kepada 612 Perusahaan di Mojokerto

Khofifah Indar Parawansa foto bersama usai apel K3 di Mojokerto
Khofifah Indar Parawansa foto bersama usai apel K3 di Mojokerto

MOJOKERTO | ARTIK.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin Apel Menyongsong Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2024 di halaman kantor PT Ajinomoto Indonesia, Kabupaten Mojokerto, Kamis (11/1/2024).

Dalam amanatnya, Khofifah mengajak pelaku sektor dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (Dudika) untuk membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) demi menjaga keberlangsungan usaha dan meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: Menjadi Pembicara pada PKN di BPSDM Jatim, Khofifah Indar Parawansa Ungkap Tiga Hal

"Budaya K3 yang unggul dapat menekan angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja," kata Khofifah.

Dirinya menuturkan bahwa keberhasilan program K3 mampu menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia.

Khofifah jug mengungkapkan laporan Tahunan BPJamsostek Kanwil Jatim yang menunjukkan bahwa tahun 2023 jumlah kasus kecelakaan kerja tersebut terdiri dari kecelakaan di dalam tempat kerja sebanyak 22.443 kasus (56.90%), di luar tempat kerja sebanyak 4.808 kasus (12.20%), dan kecelakaan kerja lalu lintas sebanyak 12.190 kasus (30.90%).

Baca Juga: Khofifah Optimis Proyek Energi Terbarukan Bisa Dorong Ekonomi Petani Garam Madura

Sementara tren jumlah pekerja yang meninggal dunia atau fatality akibat kecelakaan kerja di Jatim cenderung menurun sejak 3 tahun terakhir. Yaitu sebanyak 755 fatality di tahun 2021, 516 fatality di tahun 2022 dan menjadi 480 kasus pada tahun 2023.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah memberikan tidak kurang dari 612 penghargaan dengan beberapa kategori. Yaitu 10 penghargaan untuk pembina K3, 363 penghargaan untuk perusahaan yang berhasil meraih Zero Accident Award (Kecelakaan Nihil).

Baca Juga: Takziyah ke Rumah Anggota KPPS yang Meninggal, Khofifah Sebut Pejuang Demokrasi

Kemudian 163 penghargaan untuk perusahaan yang mengimplementasikan Sistem Manajemen K3 (SMK3), dan 86 penghargaan untuk perusahaan yang berhasil menjalankan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS (P2HIV-AIDS).

(red)

Editor : Fudai