Kebakaran di Pulogadung Jaktim, Hanguskan 20 Banguan, Korban Mencapai 145 Jiwa

Foto tangkapan layar
Foto tangkapan layar

JAKARTA | ARTIK.ID - Sebuah kebakaran hebat melanda sebuah permukiman padat di Jalan Kayu Jati V, 005/005, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (19/10/2023) dini hari.

Menurut keterangan Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman, penyebab kebakaran adalah obat nyamuk yang dibakar oleh salah satu penghuni rumah dan ditiup oleh kipas angin.

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, Letkol Ali Cahyono Mengajak Komponen Bangsa Bersatu

"Obat nyamuk itu menyulut kertas tatakan dan menyebabkan api berkobar dan menjalar ke rumah-rumah lainnya," ujar Gatot.

Gulkarmat Jakarta Timur (Jaktim) menurunkan 16 unit mobil pemadam dan 80 personel untuk menangani kebakaran yang menghanguskan 20 bangunan rumah dengan luas 1.400 meter persegi (m2).

"Kami berhasil melakukan pendinginan pada pukul 02.05 WIB dan menyelesaikan pemadaman pada pukul 02.54 WIB atau sekitar tiga jam setelah kebakaran terjadi," kata Gatot.

Baca Juga: Kebakaran di Padang Pariaman, Warga Panik, Unit Damkar Baru Tiba 30 Menit Kemudian

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, tetapi sekitar 27 KK atau 145 jiwa harus mengungsi karena kehilangan tempat tinggal. Kerugian materiil ditaksir mencapai Rp1,8 miliar.

Lurah Rawamangun Heri Kurniawan mengatakan bahwa para korban atau penyintas kebakaran sementara ditampung di halaman Masjid At Taqwa yang dekat dengan lokasi kebakaran.

Baca Juga: Kebakaran di Jatinegara, 13 Unit Damkar dan 50 Personel Dikerahkan ke TKP

Dia juga mengatakan telah berkoordinasi dengan Suku Dinas Sosial Jakarta Timur untuk menyediakan tenda pengungsian dan bantuan makanan siap saji serta natura untuk para korban.

(red)

Editor : Fudai