KTT G20 New Delhi, Jokowi Mengajak Pemimpin Dunia Lindungi Bumi Bersama

avatar Artik News

JAKARTA | ARTIK.ID - Presiden Joko Widodo mengajak para pemimpin negara G20 untuk melakukan aksi nyata dalam melindungi kelestarian bumi.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam pertemuan sesi pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India yang mengangkat tema “One Earth” yang digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Sabtu, 9 September 2023.

Baca Juga: Lepas Landas dari Melbourne Jet Base, Jokowi Sebut Australia Mitra Penghubung Asean-Pasifik

“Kita semua harus walk the talk, because we only have one earth,” ajak Presiden.

Lebih lanjut, Presiden menyebut bahwa upaya bersama menjaga bumi tersebut melainkan karena bumi ini merupakan milik semua pihak dan juga tentunya milik generasi masa depan.

“One earth, for every body. One earth, for us and for our future generation,” jelasnya.

Kepala Negara menuturkan bahwa Indonesia telah melakukan sejumlah aksi nyata untuk melindungi bumi antara lain melalui upaya menekan deforestasi hingga restorasi mangrove.

Baca Juga: Jokowi Anugerahkan Gelar Jenderal TNI Kehormatan kepada Prabowo Subianto

“Indonesia di tahun 2022, telah turunkan emisi 91,5 juta ton. Laju deforestasi ditekan hingga 104 ribu hektare. Hutan dan lahan direhabilitasi seluas 77 ribu hektare dan mangrove direstorasi seluas 34 ribu hektare,” jelas Presiden.

Di hadapan para pemimpin negara G20, Presiden pun mengajak semua pihak untuk bertanggung jawab dan berkomitemen dalam menjaga kelestarian bumi.

Baca Juga: Ahmad Dhani dan Triad Konser dan Kampanye di Bulak Banteng Lor Surabaya

“Mari penuhi tanggung jawab dan komitmen bersama untuk menjaga planet bumi tetap lestari,” ajaknya.

(red)

Editor : Fudai