HUT ke-28 BKS LPD Kecamatan Mengwi, Rajut Kebersamaan dan Gotong Royong

BADUNG | ARTIK.ID - Pagi yang cerah di Pura Taman Ayun menjadi saksi peringatan Hari Ulang Tahun ke-28 Badan Kerjasama (BKS) LPD Kecamatan Mengwi. Acara yang meriah ini mengusung tema "Meningkatkan Kerjasama dan Gotong Royong untuk Membangun LPD yang Lebih Baik".

Ketua BKS LPD Kecamatan Mengwi I Ketut Kariana, membuka acara dengan simbolis memotong tumpeng, diikuti oleh hadirnya Ketua BKS LPD Provinsi Bali, Nyoman Cendekiawan, beserta pengurus, ketua BKS LPD kecamatan dan kabupaten Badung, perwakilan Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, dan para kepala serta pegawai LPD se-Kabupaten Badung.

Baca Juga: Kepercayaan Masyarakat dan Teknologi Membuat Aset LPD Tegal Melesat Tembus Rp 300 Miliar

Dalam laporannya, Ketua BKS LPd Kecamatan Mengwi, I Ketut Kariana menyampaikan tujuan peringatan HUT ini untuk memperkuat kerjasama antara LPD dan unit usaha lainnya serta meningkatkan kesadaran semua pihak terhadap pentingnya menjaga dan mengelola LPD sesuai aturan daerah dan berasaskan gotong royong. Ia juga menekankan harapan bahwa LPD dapat terus menjadi penopang perekonomian desa adat, mewujudkan kesejahteraan baik sekala maupun niskala.

Smentara itu  Nyoman Cendekiawan, Ketua BKS LPD Provinsi Bali, memberikan apresiasi atas peringatan HUT ke-28 BKS LPD Kecamatan Mengwi. Menurutnya, peringatan ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan memperkuat LPD sebagai penggerak ekonomi krama desa. Ia mengajak seluruh prajuru dan pengelola LPD untuk bersama-sama menjaga keberadaan LPD, terutama di tengah persaingan dengan lembaga keuangan lainnya.

Baca Juga: Darma Yatra Minyak Sari Herbal ke Pengelukatan Siwa Melah Angge, Mengukir Kepedulian di Desa Suwat

Nyoman juga menekankan pentingnya pengelolaan LPD secara profesional. Untuk itu, BKS LPD Bali rutin memberikan pelatihan dan sertifikasi bagi pengelola LPD serta terus mendorong digitalisasi LPD. Pelayanan berbasis digital, seperti LPD mobile, ATM LPD, QRIS, dan pembayaran digital lainnya kini telah banyak diterapkan di LPD Bali. Semua ini bertujuan menjadikan LPD sebagai lembaga keuangan tradisional dengan teknologi kekinian.

Perwakilan dari Dinas Kebudayaan Provinsi Bali menambahkan bahwa keberadaan LPD di Badung telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai penopang ekonomi di tingkat desa adat. Ia berharap LPD ke depan dapat dikelola lebih profesional, terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengembangkan digitalisasi LPD.

Baca Juga: Kedudukan Desa Adat di Bali Pasca Pemberlakuan UU No 15 Tahun 2023 dan Perda No 4 Tahun 2019

Acara peringatan HUT ini diikuti oleh 318 pegawai dari 38 LPD se-Kecamatan Mengwi dan diakhiri dengan penyerahan sponsorship kepada BKS LPD Kabupaten Badung dan Kecamatan Mengwi dari BPD Bali.

Peringatan HUT ke-28 BKS LPD Kecamatan Mengwi ini bukan hanya sekedar seremonial, namun menjadi langkah nyata dalam merajut kebersamaan dan gotong royong untuk membangun LPD yang lebih baik dan berdaya saing tinggi.(*)

Editor : LANI