Kadis Kominfo Gianyar Apresiasi Pelaksanaan Ujian Negara Amatir Radio Reguler Tahap 2 di Gianyar

GIANYAR | ARTIK.ID - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gianyar, I Wayan Manik Suhartanta, S. Kom, memberikan apresiasi atas pelaksanaan Ujian Negara Amatir Radio (Unar) Reguler Tahap 2 yang diadakan di SMPN 3 Tampaksiring, Gianyar, pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Dalam acara tersebut, I Wayan Manik Suhartanta menyampaikan pentingnya peran Organisasi Amatir Radio Indonesia dalam sejarah bangsa, khususnya dalam masa proklamasi kemerdekaan Indonesia. Berdiri sejak 9 Juli 1998 berdasarkan Peraturan Pemerintah ALI No. 21 Tahun 1967, organisasi ini telah menjadi wadah tunggal bagi amatir radio di Indonesia.

Baca Juga: Semarak Lomba Ngelawar Gen-Z di Jeroan Manduang Gianyar, Upaya Melestarikan Budaya Bali Satria Dalem Tegal Besung (SDTB)

"Pada masa itu, peran amatir radio sangat strategis dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai sarana komunikasi bagi para pejuang kemerdekaan dan menyiarkan proklamasi ke seluruh dunia. Kami berharap, di masa sekarang, peran Bapak-Ibu tidak lagi di proklamasi, tetapi bagaimana Bapak-Ibu membantu menyebarluaskan informasi publik dan kebencanaan kepada masyarakat sehingga mitigasi bisa kita lakukan," ujar Suhartanta.

Baca Juga: Kades Petak Apresiasi Kejaksaan Negeri Gianyar Gelar Bakti Sosial Hari Bhakti Adhyaksa ke 64

Melalui ujian negara ini, diharapkan dapat meningkatkan pembinaan terhadap amatir radio di wilayah Gianyar sehingga kompetensi dan keahlian teknis, serta etika dalam penggunaan frekuensi radio, dapat diukur dan ditingkatkan. "Pelaksanaan kegiatan pembinaan ini juga bertujuan agar amatir radio menggunakan spektrum frekuensi sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan, sehingga tidak mengganggu pengguna frekuensi lainnya," tambahnya.

Suhartanta juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan ujian negara amatir radio ini. "Kami berharap seluruh peserta Unar ini dapat mengikuti ujian dengan sebaik-baiknya agar bisa lulus dan mendapatkan sertifikasi amatir radio."

Baca Juga: Kejaksaan Negeri Gianyar Gelar Bakti Sosial dalam Rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke 64

Di akhir sambutannya, Suhartanta secara resmi membuka acara Ujian Negara Amatir Radio Reguler Tahap 2 Tahun 2024 dengan harapan kegiatan ini dapat mencetak insan amatir radio yang profesional dan selalu up-to-date dalam menyiarkan informasi.(*)

Editor : LANI