Dominggus Mandacan Bertemu Hasto, Upayakan Rekomendasi PDI-P di Pilkada

SORONG | ARTIK.ID - Bakal calon gubernur Papua Barat periode 2024-2029 Dominggus Mandacan mengintensifkan komunikasi politik dengan PDI Perjuangan agar dirinya memperoleh rekomendasi untuk maju pada Pilkada 2024 bersama bakal calon wakil gubernur Mohamad Lakotani.

Dominggus Mandacan di Manokwari, Rabu, mengatakan pihaknya bersama Ketua DPD PDI-P Papua Barat Markus Waran dan Anggota DPR RI Obet Arik Ayok Rumbruren telah bertemu dengan Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pengadilan Negeri Sorong Gelar Sidang di Luar Gedung, Pertama Kalinya di Teminabuan

"Intens berkomunikasi dengan harapan PDI-P bisa keluarkan rekomendasi untuk saya dan Pak Lakotani," kata Dominggus.

Menurut dia komunikasi serupa tidak hanya dengan PDI-P melainkan Partai Golkar melalui koordinator wilayah Papua-Maluku, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk memperkuat dukungan dalam pemilihan calon gubernur-wakil gubernur.

Partai Golkar merujuk pada hasil survei elektabilitas calon yang dilakukan di wilayah Papua Barat, dan selanjutnya akan diagendakan untuk bertemu langsung dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Jakarta.

"Kalau PKS, saya dengan Ketua DPD PKS Papua Barat sudah bertemu koordinator wilayah Papua-Maluku," ucap Dominggus Rabu (19/6).

Baca Juga: Adolof Olo Wonemseba, Nelayan Teluk Wondama yang Gigih Melestarikan Kerang

Saat ini, Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani sudah mengantongi surat rekomendasi untuk maju pada Pilkada 2024 dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pasangan bakal calon gubernur-bakal calon wakil gubernur petahana itu juga telah menerima surat tugas yang dikeluarkan oleh dua partai politik yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

"Saya upayakan yang surat tugas itu menjadi rekomendasi. Upaya komunikasi dengan partai lain yang punya kursi terus dilakukan," ucap Dominggus.

Baca Juga: KPU Jatim Mengatakan, 33 Kabupaten dan Kota Sudah Meneken Surat Hibah Pilkada 2024

Perlu diketahui, ada 13 partai politik yang berhasil meraih kursi DPRD Provinsi Papua Barat meliputi Partai Golkar dan PDI Perjuangan masing-masing tujuh kursi, NasDem lima kursi, kemudian PKB, Gerindra, Demokrat, dan PAN sama-sama mendapat tiga kursi, Perindo dua kursi, PKS dan PPP masing-masing satu kursi.

Dengan demikian, maka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur petahana Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani telah mendapatkan delapan kursi yang berasal dari NasDem, Perindo, dan PPP. (ark)

Editor : Amatus Rahakbauw