Targetkan Pasar Modern di Surabaya, Eri Cahyadi Relokasi Pasar Karah ke Tempat Baru

SURABAYA | ARTIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menyiapkan lokasi baru untuk pedagang Pasar Karah, yang berada di Jalan Karah Lapangan Belakang, Kecamatan Jambangan, Surabaya. 

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyatakan bahwa bangunan baru ini akan memiliki konsep pasar yang bersih dan modern. Ia berharap Pasar Karah yang baru bisa menjadi contoh bagi pasar-pasar lain di kota tersebut.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Paparkan Hasil Rakernas XVII APEKSI 2024 di Balikpapan

"Pasar Karah sebelumnya terletak di area pemukiman yang kumuh dan tidak tertata. Kami memindahkan pasar ini ke lokasi baru di dekat Sentra Wisata Kuliner (SWK) Karah dengan model pasar modern," kata Eri Cahyadi pada Sabtu (15/6/2024).

Selain relokasi, Wali Kota Eri juga berencana memberikan pelatihan kepada para pedagang agar konsep pasar yang bersih dan modern dapat terwujud. 

Baca Juga:

"Kami akan melatih dan mengarahkan para pedagang. Saya merasa iri melihat pasar swasta yang bisa tertata rapi, masa pemerintah kota tidak bisa," tambahnya.

Sekitar 220 pedagang Pasar Karah akan direlokasi ke bangunan pasar yang baru, dengan 200 pedagang berjualan di dalam dan 20 pedagang sembako di luar pasar. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Sertifikasi Aset, Eri Cahyadi Targetkan 1.100 Selesai Tahun Ini

Wali Kota Surabaya mengungkapkan, bahwa Pemkot Surabaya akan membangun lebih banyak pasar baru pada tahun 2025. 

"Pasar Karah ini akan menjadi prototipe untuk pasar-pasar lain yang akan kami bangun nanti," ujarnya.

Dirinya menegaskan, pembangunan pasar modern dan bersih tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Ia meminta jajarannya untuk memperhatikan detail-detail penting seperti sirkulasi udara, lantai, dan resapan air. 

"Saya ingin pasar yang dibangun memberikan kenyamanan bagi pembeli dan penjual. Jangan sampai pasar yang dibangun hanya asal jadi," tuturnya.

Baca Juga: Eri Cahyadi Sebut, Sub PIN Polio di Surabaya Ditargetkan Tuntas 100 Persen Hari Ini

Pembangunan Pasar Karah yang baru sudah mencapai 90 persen dan akan dikelola oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya. 

Selain Pasar Karah, ada beberapa pasar lain yang juga sedang dalam tahap pembangunan, seperti Pasar Kembang, Pasar Pucang, dan Pasar Simo.

"Pasar-pasar ini dikelola oleh PD Pasar Surya dan sedang dalam perbaikan. Kami ingin semua pasar di Surabaya memberikan kenyamanan bagi pengunjung," pungkas Cak Eri.

Editor : Jabrik