BKS LPD Kecamatan Sidemen Peduli Bantu Korban Tanah Longsor

BKS LPD Kecamatan Sidemen Karangasem
BKS LPD Kecamatan Sidemen Karangasem

KARANGASEM | ARTIK.ID - Ketua Badan Kerjasama (BKS) LPD Kecamatan Sidemen, I Wayan Putra, yang juga menjabat sebagai Pemucuk LPD Desa Adat Sangkan Gunung, menunjukkan kepedulian nyata terhadap dua keluarga yang menjadi korban bencana tanah longsor. Dalam wawancara via telepon pada Sabtu, 15 Juni 2024, beliau menjelaskan langkah solidaritas yang diambil oleh 12 LPD di Kecamatan Sidemen untuk membantu para korban.

Bantuan Dana dari 12 LPD di Kecamatan Sidemen

Baca Juga: Penataan Kawasan Suci Pura Besakih: Program Unggulan Gubernur Bali 2018-2023 I Wayan Koster

Dari urunan yang dilakukan oleh 12 LPD di Kecamatan Sidemen, terkumpul dana sebesar Rp 1,6 juta. Dana ini kemudian disalurkan kepada dua keluarga korban bencana tanah longsor, dengan masing-masing keluarga menerima bantuan sebesar Rp 800 ribu. “Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian LPD yang ada di Kecamatan Sidemen,” ujar I Wayan Putra. Bantuan ini menjadi bukti solidaritas dan rasa kemanusiaan yang tinggi dari masyarakat LPD Sidemen.

Kronologi Kejadian Tanah Longsor

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan lebat mengguyur wilayah Banjar Dinas Kembung, Desa Telaga Tawang, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Jumat dini hari, 7 Juni 2024, sekitar pukul 01.00 WITA. Hujan deras tersebut memicu terjadinya tanah longsor yang mengakibatkan dua rumah warga mengalami kerusakan parah.

Info saksi yang berada di Karangasem, Pak Pica dan I Wayan, melaporkan bahwa meskipun tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, kerusakan pada dua rumah tersebut cukup signifikan. Dinding rumah jebol dan berbagai bagian rumah lainnya rusak berat, menyebabkan kerugian materi yang tidak sedikit bagi para korban.

Baca Juga: Cara Alami Menurunkan Gula Darah Tinggi

Dampak Musim Hujan di Kawasan Pegunungan

Insiden longsor ini menambah panjang daftar bencana alam yang sering melanda kawasan pegunungan di Karangasem, terutama saat musim hujan. Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir membuat tanah di wilayah tersebut menjadi labil, sehingga mudah terjadi longsor. Kondisi ini mengingatkan kita akan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana alam.

Seruan Solidaritas dan Kewaspadaan

Baca Juga: PT SMS dan BPR Sari Jaya Sedana Berbagi Sembako untuk Korban Longsor di Karangasem

BKS LPD Kecamatan Sidemen dengan sigap menunjukkan kepedulian melalui bantuan yang mereka berikan. Tindakan ini diharapkan bisa menginspirasi lembaga dan masyarakat lainnya untuk turut serta dalam membantu korban bencana alam. Selain itu, masyarakat di wilayah rawan bencana diimbau untuk tetap waspada dan selalu memperhatikan kondisi lingkungan sekitar, terutama saat curah hujan tinggi.

Mari kita terus saling bahu-membahu untuk membantu sesama dan menjaga keselamatan bersama.(*)

Editor : LANI