PLN UP2B Jawa Timur Kalibrasi KWH Meter pada Konsumen Tegangan Tinggi di Gardu Induk Puger

SURABAYA | ARTIK.ID - Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B) Jawa Timur lakukan kegiatan kalibrasi kWh meter pada pelanggan Konsumen Tegangan Tinggi di Gardu Induk (GI) Puger, yaitu PT Semen Imasco Asiatic dengan daya terkontrak 31,5 MVA.

Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya peningkatan akurasi pengukuran energi antara PT PLN (Persero) dan Pelanggan Industri.

UP2B Jawa Timur melakukan kalibrasi kWh meter secara berkala guna mengoptimalkan performa alat ukur yang digunakan, hal ini merupakan komitmen PLN berikan layanan terbaik.

Baca Juga:

Akurasi pengukuran sangat krusial untuk menjaga kepercayaan dan transparansi antara penyedia layanan listrik dan konsumen. Dengan akurasi yang baik dan optimal, diharapkan hubungan kerja sama antara PLN dan pelanggan semakin solid dan transparan.

“Kegiatan kalibrasi ini merupakan langkah nyata kami untuk memastikan bahwa pengukuran energi yang digunakan oleh pelanggan kami, dalam hal ini PT Semen Imasco Asiatic, adalah tepat dan dapat dipercaya. Dengan akurasi yang lebih baik, kami berharap dapat meningkatkan efisiensi operasional serta memperkuat hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara PLN dan pelanggan,” tutur Manager UP2B Jawa Timur Ahmad Murdani.

Selama proses kalibrasi, tim dari PLN Pusat Sertifikasi didampingi oleh tim Transaksi Energi PLN UP2B Jawa Timur dan perwakilan dari PLN Unit Pelaskana Pelayanan Pelanggan Jember melakukan serangkaian pengujian dan penyesuaian pada kWh meter yang ada di lokasi pelanggan.

Proses ini melibatkan tim teknisi bersertifikasi dan penggunaan peralatan kalibrasi modern serta metode yang telah terstandardisasi untuk memastikan bahwa setiap kWh meter transaksi energi memenuhi standard keakuratan dan keandalan.

Hasil dari kalibrasi ini diharapkan dapat meminimalkan potensi kesalahan dalam pembacaan meter serta meningkatkan keakuratan data penggunaan energi.

PT Semen Imasco Asiatic, sebagai salah satu pelanggan industri besar di Jawa Timur, sangat mendukung program ini dan mengapresiasi upaya PLN UP2B Jawa Timur dalam memastikan akurasi pengukuran energi.

Hal ini sangat penting bagi operasional PT Semen Inasco untuk memastikan penggunaan energi sesuai dengan yang tercatat, sehingga dapat membantu mengelola biaya dan efisiensi energi dengan lebih baik.

Dengan terlaksananya kalibrasi ini, PLN dan pelanggan diharapkan dapat terus menjaga hubungan yang transparan dan saling menguntungkan. PLN UP2B Jawa Timur berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik dan memastikan bahwa setiap aspek operasional, termasuk pengukuran energi, dilakukan dengan standar tertinggi.

Di kesempatan yang lain, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa, Madura, dan Bali menambahkan bahwa kalibrasi yang akurat dan terpercaya adalah fondasi penting bagi keberlanjutan energi yang efisien dan transparan.

PLN UP2B Jatim percaya bahwa dengan komitmen bersama, PLN dapat mewujudkan sistem kelistrikan yang lebih andal dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. (win)

Editor : Mohammad