PLN Gelar Aksi Bersih Lingkungan dan Olah Sampah di 54 Lokasi se Indonesia

JAKARTA | ARTIK.ID - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Group menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dengan menggelar aksi bersih lingkungan dan olah sampah di 54 lokasi se-Indonesia.

Aksi nyata ini merupakan bagian dari program Green Employee Involvement yang melibatkan 16.500 peserta, termasuk pegawai sukarela PLN, komunitas, dan stakeholders.

Baca Juga: Pertamina Geothermal dan PLN IP Teken JDA Optimalkan PLTP, Target Tambah 1 GW

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa PLN tidak hanya bertugas menyediakan listrik yang andal dan berkualitas, tetapi juga berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Kegiatan ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12, yakni konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, dan diharapkan dapat membantu mengurangi timbunan sampah yang dapat menurunkan kualitas kehidupan masyarakat," tutur Darmawan.

Baca Juga: PLN Meraih Laba Bersih 22,07 Triliun Rupiah, Terbesar dalam Sejarah Perseroan

Apresiasi datang dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, atas aksi nyata PLN dalam menjaga lingkungan.

Di Waduk Saguling, aksi bersih lingkungan ini menargetkan pengumpulan 300 ton sampah yang kemudian dipilah dan diolah menjadi barang berdaya guna.

Baca Juga: PLN Sukses Kembangkan Hutan Mangrove di Sekitar Pembangkit Pesisir Denpasar

"Sampah plastik kita ubah menjadi furniture, kerajinan, dan batako, sedangkan sampah organik dan eceng gondok kita olah menjadi kerajinan, pakan ternak, dan pupuk cair," kata Darmawan.

PLN berkomitmen untuk terus berinovasi dalam program clean-up, tidak hanya dalam pengelolaan sampah tetapi juga pemanfaatan kembali sampah daur ulang untuk mengurangi volume sampah dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. (red)

Editor : Jabrik