Jalan Sehat Semarak Sambut HUT RI ke 79 BKS LPD Kecamatan Abiansemal Badung

Reporter : Lani

BADUNG | ARTIK.ID - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79, BKS LPD Kecamatan Abiansemal menggelar kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh ratusan pegawai LPD. Acara ini berlangsung di Wantilan Desa Adat Sedang, Badung, pada Jumat (9/8/2024) dengan penuh semangat dan antusiasme.

Ketua BKS LPD Kecamatan Abiansemal, I Gst Ngr Ketut Muliada, SE, saat ditemui, menjelaskan bahwa kegiatan jalan sehat ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang diselenggarakan untuk memperingati hari kemerdekaan. Acara ini tidak hanya sekedar jalan sehat, tetapi juga dirangkai dengan berbagai kegiatan lainnya yang mengusung konsep desa adat, sesuai dengan tradisi dan budaya lokal.

Baca juga: Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, Hadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31

"Acara hari ini kita menghadirkan seluruh pegawai LPD Se-Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung  untuk memperingati hari kemerdekaan yang ke-79. Selain jalan sehat, kita juga memiliki tiga acara utama lainnya yang akan digelar, yaitu Pariangan, Pauwongan, dan Palemahan. Untuk Pariangan, rencananya akan diadakan pada bulan Oktober di Pura Ulun Danu, Kintamani, dan akan diikuti dengan acara hiburan dan  serta Punia  disana. Kemudian, untuk Pauwongan,  di acara Jalan sehat kita menyerahkan Punia yang di terima langsung Bendesa Adat Sedang serta penyerahan bantuan berupa paket sembako kepada enam orang penyandang disabilitas di Desa Sedang," jelas Muliada.

Jalan sehat tersebut menempuh jarak hampir 4 kilometer, melintasi persawahan yang indah di sekitar Desa Sedang. Muliada mengungkapkan bahwa acara ini diikuti oleh hampir 200 orang pegawai, yang berarti sekitar 80 persen dari total pegawai yang ada. Meskipun ada beberapa pegawai yang tidak dapat hadir karena tengah mempersiapkan audit, hal ini tidak mengurangi semangat dan antusiasme para peserta lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muliada juga menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan ini, seluruh pegawai LPD semakin memperkuat komitmen mereka dalam menjalankan ajaran Hindu yang berbasis pada konsep tri hita karana. Konsep ini mengutamakan kredit yang disalurkan untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti pembangunan rumah, perbaikan lingkungan, renovasi pura, dan investasi pendidikan.

Baca juga: Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, Hadiri HUT ke 41 Sekaa Teruna Jeladi Suta ke Banjar Segara Kuta

"Kami optimis bahwa seluruh LPD di Kecamatan Abiansemal dapat mencapai target sesuai dengan rencana kerja yang telah disusun. Saat ini, dari 34 LPD yang ada, 30 di antaranya berjalan dengan baik, sementara 4 lainnya masih dalam proses perbaikan.  Dengan jumlah pegawai mencapai 300 orang Secara keseluruhan, aset LPD di Kecamatan Abiansemal diperkirakan mencapai sekitar ratusan miliar rupiah," kata Muliada.

Baca juga: I Ketut Suiasa Kukuhkan Pengurus Forum Ketua Perumahan se-Kecamatan Kuta Selatan

Acara ini juga menunjukkan kepedulian BKS LPD Kecamatan Abiansemal terhadap masyarakat, khususnya bagi mereka yang membutuhkan bantuan. Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, diharapkan acara ini dapat mempererat solidaritas antar pegawai LPD dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap peran LPD dalam pembangunan desa.

"Semoga dengan penerapan konsep tri hita karana. Konsep ini mengutamakan kredit yang disalurkan untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfa ini, masyarakat semakin percaya dan berperan aktif dalam kegiatan LPD. Kami yakin dengan semangat ini, LPD di Kecamatan Abiansemal akan terus berkembang dan mencapai semua target yang telah ditetapkan untuk tahun 2024," pungkas Muliada.(*)

Editor : LANI

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru