SURABAYA | ARTIK.ID - Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot) telah meluncurkan program pengadaan CCTV untuk lingkungan RT/RW pada tahun 2022 sebagai bagian dari upaya meningkatkan keamanan publik.
Program ini melibatkan pemasangan CCTV di berbagai wilayah Surabaya, dengan garansi perawatan selama satu tahun dari penyedia layanan.
Baca juga: Festival Ekspresi Anak di Atlantis Land Kenjeran Memuncaki HAN 2024, Diikuti 3.800 Peserta
Kepala Satpol PP Kota Surabaya, M. Fixer, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo), menjelaskan bahwa selama periode garansi satu tahun, biaya perawatan dan perbaikan menjadi tanggung jawab penyedia layanan.
Pilihan Redaksi:
- Perawatan CCTV yang Dipasang Pemkot Surabaya di Setiap RW, M Fixer Menyebut ada Garansi Setahun
- Soroti Reklamasi Pantai Kenjeran, Baktiono Sebut Ada Pulau Bawean yang Lebih Menjanjikan
- Direktur PT Sier Tidak Hadir, Rapat Raperda APBD 2025 Komisi B DPRD Kota Surabaya Ditunda
- PT Granting Jaya Sosialisasi Pulau Buatan Kenjeran, Forum LPMK Pesisir Surabaya Buka Suara
Masyarakat yang menemukan kerusakan pada CCTV diminta untuk melaporkan melalui kelurahan setempat, yang kemudian akan diteruskan ke Kominfo dan disampaikan kepada penyedia layanan untuk ditindaklanjuti.
Baca juga: Komisi C DPRD Kota Surabaya Tolak PSN Kenjeran, Tempuh Jalur Politik ke DPRD Jatim dan DPR RI
"Selama masa garansi satu tahun, penyedia layanan bertanggung jawab atas perawatan dan perbaikan CCTV," ujar Fixer, usai rapat dengan Komisi B DPRD Kota Surabaya, Senin (29/7).
Setelah masa garansi berakhir, pengelolaan dan biaya perawatan CCTV akan dialihkan kepada warga setempat melalui pengurus kampung. Pada tahun 2023, pengadaan CCTV dilakukan melalui kelurahan menggunakan dana kelurahan (dakel), dan perawatan CCTV yang rusak akan ditangani oleh kelurahan sesuai ketentuan yang berlaku.
Baca juga: Penyelarasan PP Rokok dan Perda KTR, Bapemperda DPRD Kota Surabaya Siap Melarang Rokok Eceran
Dengan demikian, masyarakat diminta untuk siap mengatur dan mengelola perawatan CCTV di lingkungan mereka setelah periode garansi.
"Setelah garansi satu tahun berakhir, semua kewajiban terkait perawatan dan perbaikan CCTV menjadi tanggung jawab masyarakat," jelas Fixer.
Editor : Fudai