Penglisir Puri Gelgel Mendorong Pemilihan Pemimpin Berpengalaman Membangun Klungkung Lebih Baik

Penglisir Puri Gelgel, Anak Agung Gede Sayang Adnyana, SH
Penglisir Puri Gelgel, Anak Agung Gede Sayang Adnyana, SH

DENPASAR | ARTIK.ID - Penglisir Puri Gelgel, Anak Agung Gede Sayang Adnyana, SH, memberikan komentar eksklusif pada Selasa, 23 April 2024, di Denpasar, mengenai persiapan menjelang pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November tahun 2024, khususnya di Kabupaten Klungkung.

Ditanya mengenai sosok pemimpin yang diharapkan untuk memimpin Klungkung lima tahun ke depan dan kriteria apa yang diharapkan, Anak Agung Gede Sayang Adnyana mengungkapkan, "Harapan saya adalah agar pemilihan berjalan lancar dan aman serta pemimpin yang terpilih dapat menjadi panutan bagi masyarakat. Secara pribadi, saya belum menentukan pilihan siapa yang diharapkan, namun yang jelas, sosok pemimpin tersebut harus memiliki track record yang jelas, berpengalaman, dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang kondisi masyarakat Klungkung."

Baca Juga: Pilkada Serentak 2024, Munculnya Baliho I Made Kasta Menghebohkan Masyarakat Klungkung

Ketika ditanya mengenai pembangunan yang perlu diperhatikan di Klungkung ke depan, Anak Agung Gede Sayang Adnyana menyatakan, "Pembangunan infrastruktur seperti perbaikan jalan yang berkaitan dengan akses masyarakat, pembangunan pasar, perpustakaan, serta pemeliharaan seni dan budaya, yang merupakan bagian penting dari identitas Klungkung, harus diprioritaskan. Pemerintah juga perlu membantu dalam mempertahankan dan meningkatkan pemasaran produk seni dan budaya Klungkung."

Baca Juga: I Made Kasta: Tokoh Masyarakat Klungkung Menyambut Baik Pasangan Independen di Pilkada Karangasem

Menurut Anak Agung Gede Sayang Adnyana, siapapun yang terpilih sebagai pemimpin Klungkung, pesannya adalah agar tetap terkoneksi dengan Puri Gelgel sebagai salah satu parameter penting dalam pengambilan keputusan. "Pemimpin yang akan datang harus menghargai sejarah dan berkomunikasi secara baik dengan Puri Gelgel. Rencana pembangunan yang akan dilakukan juga harus memperhatikan transportasi yang berkaitan dengan kepentingan bisnis dan pariwisata masyarakat," tambahnya.

Baca Juga: Dukungan Luas untuk Made Kasta Maju sebagai Bupati Klungkung: Sosok yang Merakyat dan Berkomitmen

Komentar yang disampaikan Anak Agung Gede Sayang Adnyana menyoroti pentingnya kerjasama antara pemimpin daerah dan elemen-elemen tradisional seperti Puri Gelgel untuk menjaga kearifan lokal dan memastikan pembangunan yang berkelanjutan di masa depan Klungkung.(*)

Editor : LANI