Pameran Dagang Lokal, IKM Kerajinan Memikat Perhatian Masyarakat, Disperindag Gianyar Sukses digelar

Kadis Perinkdag Kabupaten Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suary, SE, M.Si, (Tengah Kaos Hitam)
Kadis Perinkdag Kabupaten Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suary, SE, M.Si, (Tengah Kaos Hitam)

JEMBRANA | ARTIK.ID - Pameran dagang lokal dan Industri Kecil Menengah (IKM) kerajinan yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gianyar mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Perekonomian semakin membaik, dengan penjualan yang terus meningkat setiap harinya.

Kadis Perinkdag Kabupaten Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suary, SE, M.Si, menyatakan saat diwawancara pada Rabu, 17 April 2024, di Alun-alun Gianyar bahwa animo masyarakat sangat tinggi terhadap pameran ini. "Pameran dimulai dari tanggal 14 hingga 19, artinya 6 hari. Hari ini kita sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Kita menghadirkan produk-produk IKM yang siap ekspor dengan kualitas tinggi dan harga yang bersahabat," ujarnya.

Baca Juga: Dukungan Forkom Taksu Bali: Desakan Penetapan Tersangka dalam Kasus Penistaan Agama

Pameran ini telah berkontribusi signifikan terhadap pergerakan perekonomian. "Pada hari keempat, kami merasakan dampak positif yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dengan transaksi hingga Tanggal 17 2024 mencapai Rp 300 juta rupiah," tambahnya.

Suary juga menyoroti kerjasama antara pemerintah dan pelaku usaha lokal. "Kami berusaha memberikan hiburan kepada masyarakat dan memberikan inovasi kepada pelaku IKM, sehingga mereka dapat terus berkarya. Seniman-seniman lokal juga turut hadir dalam pameran ini, yang memberikan nilai tambah bagi pengunjung," katanya.

Baca Juga: Tekad Ibu Tegar, Dibantu PT SMS dan Bank Surya, Antar Anak Yatim Piatu Raih Mimpi

Pameran ini melibatkan berbagai sektor, termasuk Disnaker yang bekerja sama dalam menyelenggarakan job fair di luar lokasi pameran. "Hari ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya, saya berharap masyarakat senang dan bahwa perekonomian dapat terasa perputaran barang yang dibeli oleh pengunjung dari UMKM kita," ungkap Suary.

Ada 38 UMKM dari berbagai sektor yang berpartisipasi dalam pameran ini, dengan produk-produk mulai dari perak, garmen siap ekspor, produk spa, kerajinan kayu, hingga topeng. "Dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, semangat masyarakat untuk berkarya semakin tinggi. Kami berharap bahwa masyarakat Gianyar dapat menikmati hasil-hasil yang ada di kabupaten ini," tutur Suary.

Baca Juga: Desa Bakbakan Masuk Dalam RangkaianPenilaian Lomba PKK dan Posyandu, Dihadiri oleh PJ Ibuk Bupati Gianyar

Pameran ini juga menarik perhatian dari luar Gianyar, termasuk dari anggota DPR RI dan pengawas dari Provinsi Bali. "Kami berharap bahwa UMKM kami dapat mendapatkan kesempatan lebih besar dan dukungan finansial dari pihak luar," lanjut Suary.

Dengan transaksi yang terus meningkat dan animo masyarakat yang tinggi, pameran dagang lokal dan IKM kerajinan ini membuktikan kesuksesannya sebagai ajang promosi dan dorongan bagi ekonomi lokal. Terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Gianyar yang memberikan dukungan konsisten untuk menyelenggarakan acara ini setiap tahun.(*)

Editor : LANI