Pangdam IX Udayana Mendorong Sinergi dalam Panen Padi Organik di Desa Sidan

GIANYAR | ARTIK.ID - Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, hadir dalam acara panen padi organik yang dilaksanakan di Subak Kwalonan Desa Sidan, dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Gianyar. Kerjasama antara Pemerintah Desa Sidan dengan Kodim 1616 Gianyar menjadi landasan kuat dalam keberhasilan kegiatan ini.

Dalam jumpa pers setelah acara panen pada hari Selasa, 26 Maret 2024, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi menyatakan kebanggaannya atas kolaborasi yang terjalin antara berbagai pihak dalam proyek pengembangan padi organik di Desa Sidan. "Desa Sidan menjadi Pilot Project untuk pengembangan padi organik, ini adalah bentuk sinergi yang luar biasa antara pemerintah kabupaten, pemerintah desa, serta TNI dan POLRI," ungkapnya.

Baca Juga: Desa Tulikup Segera Menjadi Destinasi Wisata Alam Unggulan Agro Wisata Tulikup Kelabah Tendangin

Menurutnya, Kabupaten Gianyar memiliki peran penting dalam ketahanan pangan nasional, dan TNI AD berkomitmen untuk mendukung upaya tersebut. "Kami ingin membantu Kabupaten Gianyar sebagai salah satu lumbung pangan di Bali melalui program ketahanan pangan," tambahnya.

Mayjen TNI Bambang Trisnohadi juga mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Dia juga menyoroti pentingnya distribusi pupuk dan pengairan yang lancar untuk mendukung produktivitas pertanian.

Baca Juga: BPR Kanti Siapkan Dana Likage Senilai Rp 10 Miliar untuk 1 Koperasi di Bali

Hasil panen padi organik pada pagi hari ini menunjukkan hasil yang luar biasa, dengan produksi mencapai 7,48 ton per hektar, melebihi rata-rata produksi sebelumnya yang hanya sekitar 5-6 ton per hektar. Keberhasilan ini membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut di daerah lain, mengingat permintaan akan produk organik yang tinggi di Bali.

"Dengan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi akan pentingnya konsumsi produk organik untuk kesehatan, proyek ini memiliki potensi besar untuk berkembang lebih lanjut. Desa Sidan menjadi pionir dalam proyek ini," tutup Mayjen TNI Bambang Trisnohadi.

Baca Juga: Bank Surya Membuka Babak Baru sebagai Bank Perekonomian Rakyat, Fokus Layani Pelaku UMKM

Kehadiran Pangdam IX Udayana menjadi dorongan besar dalam memperkuat sinergi untuk pengembangan pertanian organik dan ketahanan pangan di Kabupaten Gianyar.(Tim)

Editor : LANI