LPD Serai Kembangmerta Serahkan Dana Pembangunan dan Luncurkan LPD Mobile

BANGLI | ARTIK.ID - LPD Desa Adat Serai Kembangmerta sekali lagi menegaskan komitmennya dalam mematuhi peraturan dan ketentuan Peraturan Daerah (Perda) serta Peraturan Gubernur (Pergub) terkait LPD tahun 2017. Sebagaimana yang diwajibkan, LPD tersebut telah melaksanakan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) untuk tahun buku 2023. Dalam acara tersebut, LPD Serai Kembangmerta juga menyerahkan dana pembangunan sebesar Rp 175,4 juta kepada Desa Adat.

Menurut LPJ yang disampaikan, aset LPD berhasil dibekukan mencapai Rp 28,425 miliar dengan laba sebesar Rp 877,049 juta. Selain itu, dana pembangunan yang diserahkan kepada Desa Adat pada tahun buku 2023 mencapai Rp 175,4 juta. Total kredit yang disalurkan mencapai Rp 22,855 miliar, menandai peningkatan 5 persen dari tahun sebelumnya. Modal LPD mencapai Rp 6,606 miliar, sementara tabungan dan deposito mencapai Rp 3,904 miliar dan Rp 16,906 miliar berturut-turut.

Baca Juga: Bank Daerah Bangli Raih Penghargaan Prestisius TOP BUMD Award 2024

Dalam konteks peringkat LPD di Bangli, LPD dari 159 LPD Serai Kembangmerta menempati posisi ke-17 dalam aset sedangkan Laba LPD posisi ke-4 dalam hal laba, mengukuhkan peran pentingnya di Kecamatan Susut.

I Wayan Kartikayasa, Pemucuk LPD Desa Adat Serai Kembangmerta, menyampaikan dalam wawancara khusus bahwa acara penyampaian LPJ di Wantilan Setempat merupakan bagian rutin yang dilakukan setiap tahun. Ia menjelaskan bahwa kondisi LPD pada tahun 2023 menunjukkan likuiditas yang aman, laba yang melebihi rencana kerja, serta peningkatan aset sebesar 11,1 persen.

Baca Juga: Capaian LPD Serai Kembangmerta Tahun Buku 2023 Dapat Apresiasi Anggota Badan Pengawas

Kartikayasa juga menambahkan bahwa LPD telah memberikan kontribusi nyata bagi krama desa adat, seperti sumbangan dana untuk keperluan pembangunan pura, dana suka duka, dan bantuan untuk jro mangku, di samping dana pembangunan untuk Desa Adat Serai Kembangmerta. Total kontribusi yang disumbangkan oleh LPD mencapai sekitar Rp. 300 juta.

Lebih lanjut, Kartikayasa menyampaikan kebanggaannya bahwa LPD berfokus pada kemajuan Desa Adat Serai Kembangmerta. Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menggunakan dan memanfaatkan produk-produk yang ada di LPD, serta menjaga kredibilitas lembaga tersebut.

Baca Juga: Bendesa Desa Adat Serai Kembangmerta Apresiasi Peran LPD untuk Kemajuan Desa Adat

Di samping itu, LPD Desa Adat Serai Kembangmerta juga meluncurkan layanan LPD Mobile sebagai upaya untuk memperluas akses dan meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Dengan LPD Mobile, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengontrol dan mengatur tabungan mereka sendiri, serta melakukan berbagai transaksi secara digital.

Kartikayasa menutup pesannya dengan mengajak masyarakat untuk menggunakan LPD Mobile dan menjaga kredibilitas LPD Desa Adat Serai Kembangmerta, serta menghindari penyebaran informasi yang tidak benar dengan mengajak masyarakat untuk bertanya langsung kepada pihak LPD jika ada keraguan (lani)

Editor : LANI