Rakornis BPSDM Papua Barat Fokus pada Pengembangan SDM Melalui Corporate University

Foto: Dok Diskominfo Perstatik PB/ARTIK.ID
Foto: Dok Diskominfo Perstatik PB/ARTIK.ID

MANOKWARI | ARTIK.ID - Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis), yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui pendekatan Corporate University.

Pejabat Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dalam Siaran Pers, Sabtu (9/3/2024), dari sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan menjelaskan bahwa Corporate University bertujuan untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan profesionalisme SDM.

Baca Juga: Ketua TP PKK Papua Barat dan Manokwari Gelar Gerakan Tanam Cabai di Kampung Udapi Hilir

Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada pendidikan formal, tetapi juga melibatkan berbagai kegiatan pelatihan, pengembangan kepemimpinan, pengembangan keterampilan, dan peningkatan kompetensi.

"Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kolaborasi dan sinergi antara kita untuk mewujudkan Corporate University yang bertujuan meningkatkan kualitas ASN menjadi Smart," ungkap Ali Baham.

Corporate University dapat bekerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan pelatihan serta lembaga swadaya masyarakat untuk menyediakan program-program yang sesuai dengan kebutuhan ASN dan tuntutan perkembangan zaman. Dengan demikian, Corporate University menjadi bagian integral dalam strategi pengembangan SDM di Provinsi Papua Barat.

"Melalui analisis kebutuhan dan evaluasi program yang telah dilaksanakan, Corporate University dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah dalam merancang kebijakan yang lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan SDM," terang Ali Baham.

Baca Juga: Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Pimpin Upacara Hari Bakti Rimbawan ke 41

"Corporate University juga dapat menjadi wadah untuk membangun budaya organisasi yang kuat dan berorientasi pada pembelajaran dengan memberikan penghargaan dan pengakuan terhadap ASN dalam mengembangkan diri, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM," imbuhnya.

Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia George Aunsi menyampaikan bahwa pelaksanaan kolaborasi dan sinergitas Corporate University tahun 2024 merupakan momentum awal dari keseluruhan program dan kegiatan yang dilakasankan BPSDM. Rakornis ini juga menjadi wadah koordinasi antar perangkat daerah kabupaten/kota dan provinsi.

"Pelaksanaan Rakornis BPSDM Tahun 2024 ini diharapkan dapat memperkuat akselerasi implementasi sinergitas dan kolaborasi bagi para pemangku kepentingan untuk memastikan terwujudnya Smart ASN di Provinsi Papua Barat melalui Corporate University," terang George Aunsi.

Baca Juga: Atas Laporan Warga, Polsek Fakfak Meringkus 3 Pengedar Sabu yang Meresahkan

Rakornis BPSDM Tahun 2024 dihadiri oleh Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur, Kepala BKN Regional XXIV Manokwari, Kepala BPSDM Provinsi Papua Barat beserta jajaran, Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat, serta Pejabat Eselon III dan IV di Lingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat.

(ark)

Editor : Amatus Rahakbauw