LPD Desa Adat Cempaga Bangli Berkembang Pesat Berkat Kepercayaan Masyarakat

BANGLI | ARTIK.ID -  LPD Desa Adat Cempaga, di bawah kepemimpinan I Wayan Sukasana, S.SoS., M.Pd, menunjukkan pertumbuhan positif yang menggembirakan. Dalam LPJ Ke-4 yang disampaikan pada Jumat, 23 Februari 2024, di kantor LPD Cempaga Bangli, terlihat kemajuan yang signifikan sejak LPD ini bangkit dari keterpurukan.

LPJ kali ini mencatat keberhasilan dalam menutup buku tahun 2023 sesuai dengan Rencana Kerja Lembaga Perkreditan Desa (RK-LPD). I Wayan Sukasana menyatakan, "Kami bangga karena mampu meningkatkan pendapatan dan pelayanan, menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin tumbuh kepada LPD ini setelah mengalami masa sulit."

Baca Juga: HUT ke 32, LPD Desa Adat Penatih Sumbangkan Dana Pembangunan Rp 389,1 Juta

Salah satu program yang berhasil mendongkrak kepercayaan masyarakat adalah Program Cingkreman. Dengan lebih dari 100 orang yang terlibat dan dana mencapai Rp 300 juta, program ini membantu masyarakat menabung secara sukarela, memicu pertumbuhan ekonomi lokal. Program ini bahkan memberikan kemudahan pinjaman kepada peserta, dengan jumlah pinjaman yang terus meningkat setiap tahunnya ini memberikan daya tarik ekstra bagi para nasabah.

Baca Juga: Selama 22 Tahun, LPD Desa Adat Selatnyuhan Kontribusi Nyata Serahkan Dana Pembangunan Rp 104 juta

Selain Cingkreman, program-program seperti biaya sekolah dan deposito juga turut meningkat, mencerminkan komitmen LPD untuk memberikan berbagai layanan kepada masyarakat.

Dalam wawancara, I Wayan Sukasana juga mengumumkan rencana kedepanya atau baru, yaitu Program Dana Duka. Setiap kepala keluarga akan dikenakan biaya Rp 15 ribu jika ada krama cempaga yang meninggal dunia , dan dana ini akan disimpan di LPD. Ketika ada yang meninggal, keluarga akan menerima bantuan sebesar Rp. 2,5 juta. Program ini diharapkan memberikan dukungan finansial dan keamanan bagi masyarakat di saat-saat sulit.

Baca Juga: Rai Mantra: Ketokohan Ayahnya dan Kinerja Sebagai Wali Kota Denpasar Membawa Sukses di DPD RI

Dengan aset LPD yang kini mencapai lebih dari Rp 1 miliar dan laba sebesar Rp 75 juta, I Wayan Sukasana menekankan pentingnya peran LPD dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. "LPD memiliki peran strategis dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Kami optimis bahwa di tahun 2024 ini, prestasi kami akan semakin meningkat," ucapnya sambil mengajak masyarakat untuk terus mendukung LPD demi kemajuan bersama pungkasnya. (Tim)

Editor : Fudai