JAKARTA | ARTIK.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Group terus meningkatkan kemudahan mobilitas masyarakat dengan menyediakan berbagai layanan transportasi kereta api. Layanan ini meliputi kereta api penumpang jarak menengah dan jauh, kereta barang, kereta lokal, KRL, LRT Jabodebek, KA Wisata, KA Whoosh, dan KA Bandara.
Keberadaan beragam layanan ini merupakan langkah strategis KAI dalam memperkuat perannya sebagai tulang punggung transportasi nasional.
Baca Juga: KAI Tempuh Upaya Hukum Terkait Kecelakaan KA Taksaka dan Truk di Perlintasan, Masinis Cedera
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, Rabu (18/9), mengungkapkan bahwa KAI Group telah melayani 299.752.109 penumpang selama periode Januari hingga Agustus 2024. Dari jumlah tersebut, terdapat 29.922.766 penumpang KA jarak menengah dan jauh, 4.648.369 penumpang KA lokal, serta 244.454.242 penumpang KRL dan KA lokal yang dikelola KAI Commuter.
Selain itu, layanan KA Bandara mencatat 3.693.345 penumpang, LRT Jabodebek 12.700.737 penumpang, KAI Wisata 95.355 penumpang, dan KA Whoosh 4.237.295 penumpang.
"KAI berkomitmen untuk terus menghadirkan moda transportasi sebagai solusi ekosistem transportasi terbaik bagi Indonesia," kata Anne.
Ia menambahkan bahwa KAI terus mendukung pengembangan infrastruktur transportasi terpadu yang didorong oleh pemerintah, dengan mengutamakan aspek keberlanjutan. KAI juga telah menyediakan fasilitas modern yang memungkinkan penumpang dengan mudah terhubung ke berbagai moda transportasi lain seperti pesawat, kapal laut, dan transportasi darat.
Baca Juga: Transportasi Barang KAI Meningkat, Angkutan Batu Bara Dominasi 80%
"Kami terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, bandara, pelabuhan, dan operator transportasi darat, agar kereta api dapat menjadi solusi kemacetan dan dapat dinikmati oleh semua kalangan," tambah Anne.
Dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan konektivitas, KAI telah mengoperasikan lima layanan KA Bandara yang tersebar di Jakarta, Medan, Padang, Palembang, dan Yogyakarta. Layanan ini memberikan solusi transportasi yang lebih efisien dan tepat waktu bagi masyarakat yang ingin menghindari kemacetan.
KAI juga mencatat peningkatan kinerja pada angkutan barang, dengan mengangkut 45.056.573 ton barang selama periode Januari hingga Agustus 2024, meningkat 7% dibanding periode yang sama pada 2023.
Baca Juga: Eksplorasi Keindahan Jawa Barat dengan Kereta Wisata Mewah KAI bersama Delegasi Dunia
Stasiun-stasiun kereta api yang terhubung dengan pelabuhan laut, seperti Tanjung Priok di Jakarta dan Tanjung Perak di Surabaya, mendukung efisiensi pengiriman barang melalui integrasi yang lebih baik.
Dalam upaya memperkuat transportasi perkotaan, KAI telah meluncurkan LRT Jabodebek yang melayani wilayah Jabodetabek, terintegrasi dengan beberapa moda transportasi lain, serta LRT Sumsel yang menghubungkan titik-titik strategis di Palembang.
Selain itu, KAI mendukung operasional Kereta Cepat Whoosh yang menghubungkan Jakarta dan Bandung dengan waktu tempuh sekitar 45 menit, memberikan solusi transportasi yang lebih cepat dan nyaman bagi masyarakat.
Editor : Fudai