JAKARTA | ARTIK.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat peningkatan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang menggunakan layanan kereta api di Jawa dan Sumatera. Sepanjang periode 1 Januari hingga 31 Juli 2024, tercatat sebanyak 330.088 wisman menggunakan kereta api.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, pada Jumat (23/8) mengungkapkan bahwa jumlah pemesanan tiket kereta api oleh wisman dari 1 Januari hingga 22 Agustus 2024 mencapai 410.051 tiket.
Baca Juga: Volume Penumpang di Stasiun Pasar Senen Membeludak, KAI Lakukan Revitalisasi
"Pada tahun 2023, KAI telah mengantarkan 533.594 wisman, angka yang meningkat 95,38 persen dibandingkan tahun 2022 yang hanya mencapai 273.112 wisman," jelas Anne.
Anne juga menambahkan bahwa peningkatan jumlah wisman pada tahun 2023 seiring dengan kebijakan pemerintah yang melonggarkan mobilisasi masyarakat pasca-COVID-19 dan mencabut status pandemi pada Juni 2023.
Baca Juga: Mati Suri 20 Tahun, PT KAI Akan Reaktivasi Jalur Kereta Kalisat Panarukan
"Saat ini, kereta api masih menjadi moda transportasi pilihan para wisman saat berwisata di Indonesia. Jumlah tertinggi wisman yang menggunakan kereta api di tahun 2024 tercatat pada bulan Juli dengan 78.441 orang, disusul oleh Agustus dengan 68.147 orang, dan Mei dengan 51.937 orang," papar Anne.
Ia juga mengatakan bahwa tingginya antusiasme wisatawan mancanegara dalam menggunakan kereta api di Indonesia menjadi motivasi bagi KAI untuk terus meningkatkan layanan. Kota-kota tujuan favorit wisman meliputi Bandung, Semarang, Cirebon, Yogyakarta, Purwokerto, Banyuwangi, dan Medan.
Baca Juga: PT KAI Gelar Upacara Tabur Bunga Peringati HUT ke 79 di TMP Cikutra Bandung
"KAI terus berupaya meningkatkan layanan dan menghadirkan fasilitas baru bagi pelanggan kereta api. Fasilitas di stasiun, seperti water station, papan informasi dalam bahasa Inggris, ruang ibadah, toilet yang bersih, aksesibilitas yang nyaman, dan fasilitas lainnya, terus ditambah. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dalam berbagai aspek agar para pelanggan, terutama wisatawan mancanegara, mendapatkan pengalaman bertransportasi yang berkesan dan mendukung promosi wisata Indonesia," tutup Anne.
Editor : Fudai