Mahasiswa Ubaya Wakili Timor Leste di Cabor Bridge, ASEAN University Games

Cabor Bridge, ASEAN University Games di Ubaya (Foto: Fuday)
Cabor Bridge, ASEAN University Games di Ubaya (Foto: Fuday)

SURABAYA | ARTIK.ID -  Enam mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) mengukir prestasi membanggakan dengan menjadi perwakilan Timor Leste di cabang olahraga Bridge pada ASEAN University Games (AUG) 2024.

Keikutsertaan mereka dalam kategori mixed pairs ini menjadi momen bersejarah bagi Timor Leste di kancah internasional.

Baca Juga: Mahasiswa Ubaya Raih 8 Medali di ASEAN University Games 2024, Antar Koni Jatim ke Puncak Prestasi

Pertandingan perdana mereka dilakoni pada Kamis (27/6/2024) di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi Ubaya.

Mereka yakni Meliana Ximenes Belo dan Zélia Camões dos Santos (Magister Bioteknologi), Florencia da Conceição (Magister Akuntansi), Agostinho da Costa Perreira (Fakultas Industri Kreatif), Janio Barros (Fakultas Bisnis dan Ekonomika), serta Don Gabriel Benedictos Amaral Kau Ro (Fakultas Teknik).

Dalam pertandingan ini, mereka berhadapan dengan tim kuat dari Indonesia dan Singapura.

Foto: FudayFoto: Fuday

Bagi Meliana Ximenes Belo dan kawan-kawan, ini menjadi debut perdana mereka sebagai atlet bridge yang mewakili Timor Leste di ajang internasional. Rasa bangga dan antusias mereka terpancar jelas.

Baca Juga: ASEAN University Games di Surabaya dan Malang Usai, Indonesia Cetak Rekor Juara Umum ke 11 Kalinya

"Kami sangat bersyukur atas kesempatan ini. Ubaya telah membantu kami terhubung dengan Timor Leste dan memberikan peluang emas untuk berpartisipasi di AUG 2024. Fasilitas latihan dan bimbingan dari pelatih Ubaya sangat membantu kami dalam mempersiapkan diri," ungkap Meliana.

Perjalanan mereka menuju AUG 2024 tidaklah mudah. Sejak Februari, mereka telah berlatih keras, mengasah strategi, mempelajari teknik-teknik bridge, dan membangun komunikasi yang solid antar tim.

"Terlepas dari hasil pertandingan, yang terpenting bagi kami adalah menghormati pelatih dan almamater kami, Ubaya. Kami ingin memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Timor Leste," tambah Meliana.

Baca Juga: UNESA Ukir Sejarah Baru, Gelar Turnamen Petanque Internasional Terbesar dengan 400 Peserta

Di sisi lain, Ubaya selaku tuan rumah AUG 2024 untuk cabang olahraga Wushu dan Bridge merasa terhormat memiliki mahasiswa berbakat yang mampu mewakili negara di kancah internasional.

Prof. Dr. apt. Christina Avanti, Wakil Rektor III Ubaya bidang Kemahasiswaan dan Alumni, menyampaikan komitmen Ubaya untuk memberikan dukungan penuh kepada para mahasiswanya.

"Ubaya berkomitmen untuk memberikan dukungan terbaik bagi para atlet, termasuk beasiswa, dispensasi kuliah, surat tugas, dan bantuan biaya studi. Kami berharap semua peserta dapat menikmati kompetisi dengan semangat sportivitas tinggi di kampus kami," pungkas Prof. Christina. (red)

Editor : Jabrik