Cara Alami Menurunkan Gula Darah Tinggi

Foto : ilustrasi
Foto : ilustrasi

SURABAYA | ARTIK.ID - Dikutip dari Medical News Today, diabetes adalah kondisi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses glukosa darah atau gula darah.

Kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan gula dalam darah sehingga meningkatkan risiko komplikasi berbahaya lainnya, seperti stroke hingga penyakit jantung.

Baca Juga: PT SMS dan BPR Sari Jaya Sedana Berbagi Sembako untuk Korban Longsor di Karangasem

Berikut cara untuk menurunkan gula darah tinggi berdasarkan rekomendasi dokter:

1. Mengonsumsi makanan rendah karbohidrat

Penelitian menunjukkan diet rendah karbohidrat yang sehat dapat menstabilkan gula darah. "Banyak orang dengan diabetes tipe 2 sekarang memilih diet berdasarkan makanan rendah karbohidrat, dan banyak dokter juga mengikutinya," kata Adele Hite, PhD, MPH, RDN dalam Eat This.

Kendati demikian, jika Anda sedang meminum obat untuk diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

2. Menurunkan berat badan

Baca Juga: Viral Akibat Lawar dengan Darah Babi Mentah, Pedagang di Karangasem Merasakan Dampaknya

Peneliti diabetes di UK mengatakan bahwa menurunkan berat badan terbukti efektif untuk menurunkan gula darah yang tinggi. Namun, penurunan berat badan tidak disarankan jika berat badan telah ideal.

3. Melakukan Olahraga Rutin

Olahraga teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan, termasuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. "Dengan membakar kalori dan mengurangi lemak dalam tubuh Anda, Anda mengurangi resistensi insulin, yang membuat gula darah Anda terkendali," kata Narinder Bajwa, MD.

4. Diet rendah kalori

Baca Juga: Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo Gresik Serukan Persatuan Pasca Pemilu

Penelitian menunjukkan diet 800 kalori sehari dapat membantu menurunkan gula darah, terutama bagi pasien dibates tipe 2.

Kendati demikian, diet bukan persoalan sederhana. Anda sebaiknya melakukan konsultasi kepada dokter sebelum menjalankan program diet untuk menurunkan gula darah. (*)

Sumber : Artikel Medical News Today

Editor : Bahri