Maybrat Prioritaskan Penanganan Masalah Eksodus, BIN Siap Bantu

MYBRAT | ARTIK.ID - Penjabat Bupati Maybrat, Bernhard E Rondonuwu, menyambut baik kunjungan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Barat, Mayjen TNI Daru Cahyono, di kantor bupatnya, Kamis (16/5/2024). Pertemuan ini membahas koordinasi penanganan masyarakat eksodus akibat konflik sosial berkepanjangan di wilayah tersebut.

Didampingi Penjabat Sekda Ferdinandus Taa, Bernhard menyampaikan bahwa Kabupaten Maybrat menjadi fokus utama pemerintah pusat dalam menyelesaikan masalah eksodus. Upaya pemerintah daerah dalam menangani eksodus pun telah menunjukkan kemajuan pesat dan hampir mencapai target yang ditetapkan.

"Namun, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi untuk memastikan semua sasaran terpenuhi secara efektif," jelas Bernhard.

Salah satu kebutuhan krusial, menurut Bernhard, adalah perbaikan infrastruktur jalan. Hal ini menjadi penghambat utama dalam pendistribusian bantuan dan pemulihan kondisi di wilayah eksodus.

Mayjen TNI Daru Cahyono menegaskan komitmen BIN untuk membantu pemerintah daerah dalam menangani eksodus. Ia menyebut, Kabupaten Maybrat menjadi prioritas utama dalam upaya penyelesaian masalah ini.

"Melalui kerja sama yang baik, kami harapkan penanganan eksodus dapat segera tuntas dan kondisi di Maybrat bisa pulih lebih cepat," ujar Daru.

Pertemuan ini tidak hanya menjadi ajang diskusi formal, tetapi juga mempererat hubungan antara BIN dan pemerintah daerah. Hal ini menunjukkan komitmen bersama kedua pihak dalam mengatasi masalah sosial di Maybrat. (ark)

 

 

Editor : Amatus Rahakbauw