Ternyata Alpukat Bermanfaat untuk Kesehatan

SURABAYA | ARTIK.ID - Buah alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang terkandung di dalam buah tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.

Dilansir dari web RSUD Kabupaten Nunukan, rumah sakit umum daerah milik Pemerintah, pada 16 November 2023 lalu. Inilah beragam khasiat alpukat yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Fakta 10 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan yang Mencengangkan

Menjaga kesehatan jantung, manfaat alpukat bagi kesehatan jantung sudah lama diketahui. Kadar lemak tak jenuh yang tinggi pada alpukat dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) pada tubuh.

Menambahkan alpukat ke dalam sajian harian Anda dapat membantu memperbaiki kadar kolesterol LDL pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Kadar kolesterol tubuh yang terjaga dengan baik secara otomatis dapat menjauhkan Anda dari risiko penyakit jantung.

Menurunkan risiko gangguan metabolik, sebuah studi dari Nutrition Journal (2013) menjelaskan bahwa buah alpukat punya khasiat baik untuk menurunkan risiko sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah segala hal yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena gangguan kesehatan, seperti stroke, penyakit arteri, diabetes, dan lainnya.

Kadar lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat dapat membantu menghentikan resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh, serat, vitamin E, vitamin K, magnesium, dan kalium.

Zat gizi tersebut baik untuk membantu menurunkan berat badan, indeks masa tubuh, serta mengurangi lingkar pinggang.

Tak hanya itu, kadar kolesterol baik pun ikut meningkat. Faktor-faktor inilah yang membuat alpukat berpotensi mengurangi risiko sindrom metabolik.

Baca Juga: Temuan BPOM Soal Obat Tradisional Berbahan Kimia, Ini Kata Mufti Mubarok

Mencegah cacat lahir pada janin, alpukat mengandung folat yang penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Selama masa kehamilan, kebutuhan folat akan meningkat untuk mendukung pembentukan sel dan jaringan baru.

Menjaga kesehatan pencernaan, manfaat lain dari alpukat yang perlu Anda ketahui adalah buah ini amat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bisa dikatakan bahwa alpukat adalah buah untuk melancarkan BAB secara berkala.

Alpukat merupakan makanan super yang mengandung serat dan mineral kalium untuk mengoptimalkan fungsi pencernaan.

Alpukat juga merupakan makanan rendah fruktosa. Jadi, alpukat tidak berisiko menyebabkan penumpukan gas sehingga aman untuk lambung.

Menjaga kesehatan kulit, manfaat alpukat bagi kecantikan berasal dari kandungan vitamin C dan vitamin E yang sudah terbukti baik untuk kesehatan kulit. Alpukat juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Menjaga kesehatan mata, alpukat mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa ini sangat penting bagi kesehatan mata.

Mencegah kanker dan membantu pengobatannya, kandungan gizi di dalam buah alpukat dipercaya dapat memberikan manfaat yang berkaitan dengan kanker.

Baca Juga: Jelang Iduladha, Kementan Pantau dan Jamin Kesehatan Hewan Kurban

Fitonutrien atau senyawa khas tanaman dalam alpukat disebut berpotensi mencegah penyakit kanker dan membantu memperlancar proses pengobatannya.

International Journal of Food Science (2019) menyebutkan bahwa fitonutrien yang terdapat pada alpukat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan sel kanker. Zat ini sekaligus mempercepat proses penghancuran sel tersebut.

Meski demikian, studi ini meneliti kadar fitonutrien pada biji alpukat, bukan daging buahnya.

Manfaat mengonsumsi buah alpukat memang baik untuk kesehatan. Namun, alpukat juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan tanpa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan.

Oleh karena itu, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk mendapatkan saran terbaik sesuai kondisi kesehatan Anda. (*)

Editor : Bahri