Terlihat Mesra di Indo Defence 2022, Jokowi Bilang Beri Restu Prabowo

Artik
Didampingi Menhan Prabowo, Presiden RI Joko Widodo, menghadiri Indo Defence 2022

JAKARTA | ARTIK.ID - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto, mendampingi Presiden RI Joko Widodo menghadiri Pameran Industri Pertahanan (Indhan) terbesar di Asia Tenggara, Indo Defence 2022 Expo & Forum, di JIexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/10/2022).

Saat mengunjungi pameran, Presiden RI bersama Menhan Prabowo dan sejumlah pejabat negara lainnya, mendengarkan penjelasan penyelenggaraan Pameran Indhan serta berkesempatan melakukan kunjungan dan berinteraksi ke sejumlah stan peserta pameran.

Baca juga: Penggemar Jokowi, DPW PAN Aceh hingga Papua Ucapkan Terimakasih Secara Langsung di Istana Negara

Dalam keterangannya kepada media usai melaksanan kunjungan, Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa dari paparan yang diterima, industri pertahanan dalam negeri BUMN dan swasta berkembang sangat bagus karena pemerintah telah memberikan ruang yang luas kepada swasta untuk ikut membangun industri pertahanan Indonesia.

“Saya kira ini sebuah perkembangan yang sangat baik dan yang paling penting kita bisa mengadopsi sebanyak mungkin teknologi-teknologi baru di bidang pertahanan militer. Yang paling penting itu,” tegas Presiden RI.

Berbagai produk pertahanan buatan DEFEND ID ditampilkan dalam pameran ini. Sebut saja Len Industri yang menampilkan radar, intercome, E-Tactical Bike hingga Combat Management System.

PT Dirgantara Indonesia memamerkan pesawat N219 Amphibi dan beragam jenis pesawat lainnya yang diproduksi di Bandung antara lain CN235-220, NC212i, UAV MALE “Elang Hitam”, serta produk kolaborasi helikopter dan pesawat tempur KFX/IFX.

PTDI juga menghadirkan Pesawat N219 dan CN235 FTB di area static display di Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Sementara itu, matra laut yang diwakili PT PAL Indonesia menunjukkan berbagai jenis kapal perang, mulai dari LPD 163M, KCR generasi baru, Kapal Rumah Sakit, Perusak Kawal Rudal, Frigate, hingga Kapal Selam tanpa awak (Autonomous).

Dari matra darat PT Pindad menampilkan ragam produk senjata & munisi mulai dari SS2-V5 A1, SS Amphibious hingga simulator senjata “Pasupati”. PT Pindad juga menghadirkan berbagai kendaraan tempur yaitu Medium Tank Harimau, Badak 6×6 hingga kendaraan taktis Maung yang didemonstrasikan secara langsung di area outdoor.

Dan terakhir, PT DAHANA hadir dengan beragam produk energetic materialnya seperti roket dan kendaraan peluncurnya, bom pesawat tempur, Senjata Lawan Tank, Manpads hingga drone pintar bernama RAJATA.

Hingga kini, DEFEND ID terus bergerak melakukan berbagai inovasi dan kolaborasi untuk mendukung kemandirian Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) nasional, berkontribusi dalam meningkatkan nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri, menjadi pemain utama di rantai pasok industri pertahanan dunia, serta menjadi Top Global 50 Defence Company.

Baca juga: Forum LGBT ASEAN di Jakarta Tidak Jadi Karena Gelombang Penolakan Masyarakat

Selain mengunjungi sejumlah venue peserta Indo Defence, Presiden RI Joko Widodo bersama Menhan RI Prabowo Subianto serta para pendamping lainnya, juga berkesempatan menyaksikan live demo yang menampilkan kemampuan prajurit TNI dan kendaraan produksi dalam negeri dalam satu operasi militer.

Pada kesempatan itu, terlihat Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto begitu akrab, tentu keharmonisan kedua petinngi Indonesia itu menari perhatian banyak khalayak.

Ditanya hal itu, Presiden Jokowi mengaku bahwa persahabatan dirinya dengan Pak Prabowo sudah terjalin sejak lama. Bahkan, dengan nada bercanda, Jokowi mengatakan bahwa Dirinya dan Pak Prabowo sering berdiskusi.

"Kami sering saling tukar-menukar pikiran mengenai bagaimana Indonesia ke depan. Saya kira biasalah, berbicara. Bukan sering, ya, terlalu sering dengan Pak Menteri Pertahanan itu," kata Jokowi.

Jokowi juga sejak awal sudah mendukung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Sudah sejak awal, kok, restu-restu, sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau," kata Jokowi ketika menanggapi pertanyaan terkait kemungkinan memberikan restu kepada Prabowo Subianto.

Baca juga: Resmikan AMN di Surabaya, Jokowi Singgung Prabowo Identik Pemimpin

Prabowo yang berada di samping Jokowi lalu meluruskan konteks ucapan tersebut, yakni terkait dengan pertahanan.

"Ini pertahanan," kata Prabowo.

"Bersama Menteri Pertahanan Pak Prabowo ini saya melihat bagus untuk promosi juga utamanya produk peralatan pertahanan dan keamanan dan juga yang paling penting adalah tadi saya sampaikan ke pentingnya kerja sama kita dengan perusahaan-perusahaan dari negara lain," kata dia.

Jokowi mengatakan bahwa industri pertahanan dalam negeri perlu menyikapi situasi geopolitik global. Merujuk pada anggaran pertahanan di negara-negara NATO, Timur Tengah hingga Asia Timur yang cenderung meningkat drastis.

(ara)

Editor : Fuart

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru