Jalan Nasional Maruni Terbelah, BPJN Sebut Kerusakan Disebabkan oleh Hidrodinamika Laut

Reporter : Fuart
Foto: Amatus Rahakbauw

MANOKWARI | ARTIK.ID - Ruas jalan Nasional Manokwari-Bintuni di Maruni, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari mengalami kerusakan parah. Bagian badan jalan terbelah dan sebagian jatuh ke laut, membuat lebar jalan semakin sempit dan sulit dilalui oleh pengendara kendaraan roda dua dan roda empat.

Pantauan di lokasi menunjukkan bahwa kerusakan ini sangat mengkhawatirkan. Kondisi jalan yang rusak ini mengancam keselamatan warga dan bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Baca juga: Pemkab dan Kepolisian di Manokwari Tertibkan Senpi yang Beredar di Kalangan Masyarakat Adat

“Kondisi jalan yang rusak ini sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawa pengguna jalan,” ujar salah seorang warga di tempat, Sabtu (6/7)

Menanggapi situasi ini, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Manokwari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), A.W. Pradana, S.ST., menjelaskan bahwa kerusakan tersebut disebabkan oleh hidrodinamika laut yang menggerus tanggul dan mengakibatkan pergeseran tanah dasar jalan.

“Proses perbaikan dan pemulihan kondisi jalan yang rusak akan dilakukan setelah pekerjaan pembangunan pelindung abrasi pantai oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua Barat selesai,”Saat ini, perbaikan jalan masih menunggu penyelesaian pembangunan pelindung abrasi pantai.

“Sebagian sisi badan jalan berada tepat di bibir pantai dan terkena dampak abrasi,” tambah Pradana.

Baca juga: Pelindo Fakfak Perkenalkan Fasilitas Peran Strategis dalam Ekonomi Daerah

Untuk mengurangi risiko bagi pengguna jalan, telah dipasang rambu-rambu peringatan di lokasi tersebut.

“Kami berharap pemasangan rambu-rambu ini dapat mengurangi risiko bagi warga Papua Barat sebagai pengguna jalan,” ujar Pradana.

Koordinasi dengan BWS terus dilakukan, namun perbaikan jalan akan dimulai setelah pelindung abrasi selesai dibangun.

Baca juga: Tingkatkan Gizi dan Cegah Stunting, Ibu-ibu di Manokwari Dilatih Membuat Tempe dan Olahannya

“Kami sudah berkoordinasi dengan BWS dan masih menunggu penyelesaian pekerjaan pelindung abrasi agar jalan yang rusak ini bisa segera ditangani,” tutupnya.

 

Editor : Fudai

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru