Rakerda BKS LPD Provinsi Bali: Maksimalkan Kontribusi LPD Ke Desa Adat dan Perbaikan Kinerja

DENPASAR | ARTIK.ID - Badan Kerjasama Simpan Pinjam Lembaga Perkreditan Desa (BKS LPD) Provinsi Bali menggelar Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) yang bertempat di Puri Nusa Indah, Denpasar Bali, Selasa (7/5).

RAKERDA ini dihadiri oleh perwakilan pengurus inti, pengurus kabupaten/kota, dan pengurus kecamatan, dengan total anggota sekitar 100 orang.

Baca Juga: LPD Kecamatan Bangli Gelar Tirta Yatra di Empat Pura di Luar Bali

Dalam konferensi pers dengan awak media, Ketua BKS LPD Provinsi Bali, Nyoman Cendikiawan, menjelaskan bahwa acara ini merupakan bagian dari kewajiban rutin BKS LPD Provinsi Bali dalam mengimplementasikan anggaran dasar dengan rumah tangga setiap tahun. "Acara ini adalah bagian dari upaya kita untuk pertanggungjawaban keuangan dan perencanaan kegiatan tahunan yang dapat dilaksanakan dengan optimal sesuai dengan anggaran yang ada," ujar Nyoman.

Salah satu agenda utama RAKERDA ini adalah, di mana Nyoman menekankan pentingnya musyawarah dan partisipasi aktif dari seluruh pengurus untuk mencapai mufakat dan kesepakatan yang baik untuk masa yang akan datang.

Baca Juga: Bendesa Adat Kesiman Denpasar I Ketut Wisna, ST,.M.M Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H

Nyoman juga menyoroti pentingnya peningkatan kinerja BKS LPD Provinsi Bali. Meskipun telah ada peningkatan dalam volume usaha dan aset, Nyoman menekankan bahwa masih ada ruang untuk meningkatkan kontribusi BKS LPD kepada desa adat masing-masing. "Kita tidak menampik bahwa masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki, namun secara keseluruhan kita masih bisa memberikan kontribusi yang signifikan kepada desa adat," ungkapnya.

Selain itu, Nyoman juga membahas penggunaan dana yang diterima, di mana 20% dari laba LPD digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan bidang-bidangnya, termasuk pelatihan sosial budaya dan kegiatan-kegiatan adat. "Kita ingin memaksimalkan penggunaan dana ini untuk kepentingan yang lebih luas, termasuk pelatihan dan kerjasama dengan media," tambahnya.

Baca Juga: Kadis Kebudayaan Kabupaten Badung Sampaikan Sambutan pada Pembukaan Pelatihan Peningkatan SDM LPD

Dalam RAKERDA ini, juga dibahas rencana anggaran pendapatan selamat tahun depan serta perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan dengan koordinasi yang baik antara BKS LPD, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya.

Dengan semangat untuk terus meningkatkan kinerja dan kontribusi BKS LPD Provinsi Bali, RAKERDA hari ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan pelayanan dan manfaat bagi masyarakat desa adat di Bali.(*)

Editor : LANI