Pemkab Magetan Ngangsu Kaweruh ke Surabaya Menuju Kualitas Akuntabilitas Birokrasi

Foto: Dok Kominfo Magetan
Foto: Dok Kominfo Magetan

SURABAYA | ARTIK.ID - Guna meningkatkan kualitas akuntabilitas birokasi yang berpegang pada inovasi reformasi birokrasi yang ada di Pemerintah Kabupaten Magetan, Pj. Bupati Magetan bersama jajaran OPD terkait sepakat untuk ‘ngangsu kaweruh’ ke Kota Pahlawan, Surabaya pada Kamis (28/3).

Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang pada kali ini diwakili oleh Sekdakota Surabaya hadir menemui langsung rombongan Pejabat Bupati Magetan Hergunadi, di Ruang Sidang Walikota, Balaikota Surabaya untuk penandatanganan MoU Duplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Reformasi Birokrasi (RB).

Baca Juga: Wali Kota Eri Cahyadi Gelar Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza di Balai Kota Surabaya

Dalam sambutannya Sekdakota Surabaya mengungkapkan jika SAKIP RB Pemkot Surabaya adalah salah satu yang sesuai dengan standar kualifikasi yang telah ditetapkan oleh Kemenpan RB.

“Kita sering menjadi jujukan sebagaimana referensi yang telah diberikan Kemenpan RB dalam duplikasi dan belajar bagaimana implementasi dari SAKIP RB itu sendiri,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap selain penandatanganan MoU duplikasi SAKIP RB kali ini, kedepannya mampu terjalin lagi kolaborasi dalam berbagai hal yang tentunya bisa saling menguntungkan kedua belah pihak Pemerintah Daerah.

Selaras dengan itu, Hergunadi juga mengungkapkan jika Surabaya adalah ‘saudara tua’ Magetan, dan dipilihnya Surabaya karena selain dekat juga harus diakui juga kota yang dinahkodai oleh Eri Cahyadi sebagai Walikota tersebut merupakan gudang ilmu terkhusus dalam inovasi birokrasinya.

Baca Juga: Gempa Tuban Guncang Surabaya, Timbulkan Kerusakan di Beberapa Wilayah dan Korban

“Tentunya diharapkan akan ada banyak hal yang bisa dikerjasamakan, mulai dari science maupun SDM,” tutur Hergunadi.

“Dari potensi di Magetan sendiri kami harapkan bisa dikerjasamakan terutama dari segi sumberdaya alam yang kami miliki, yang terpenting bisa saling menguntungkan,” imbuhnya.

Kedepan dengan adanya kerjasama ini Pemkab Magetan akan mengirimkan stafnya untuk belajar tentang SAKIP RB di Pemkot Surabaya.

Baca Juga: Pemerintah Kota Surabaya Melalui Disperinaker Siap Kawal Tunjangan Hari Raya 2024

“Secepatnya nanti setelah Lebaran kita akan kirimkan staf untuk belajar tentang SAKIP RB di Pemkot Surabaya tentunya,” pungkasnya.

(*)

Editor : Jabrik