Kodim Gresik dan BNPB Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Pulau Bawean

Foto: Dok Korem 084/BJ
Foto: Dok Korem 084/BJ

GRESIK | ARTIK.ID - Kodim 0817 Gresik bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat bergerak cepat mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Pulau Bawean, Minggu (24/3/2024).

Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar mengatakan, bantuan ini merupakan respons atas bencana gempa bumi yang terjadi di Pulau Bawean, dengan jarak tempuh 3-4 jam menggunakan kapal dari Gresik.

Baca Juga: Jalur Kereta Api Daerah Operasi 8 Aman Pasca Gempa Tuban yang Mengguncang Surabaya

"Kami langsung berkoordinasi dengan BNPB Pusat dan mendapatkan respons cepat. Bersama Kodim, kami mengumpulkan bantuan dan akan segera dikirim dan didistribusikan pada hari Senin besok," kata Dandim.

Bantuan yang akan dikirim meliputi berbagai keperluan penting, seperti air mineral, makanan siap saji, lauk pauk, sembako, matras, selimut, kasur lipat, dan tenda untuk pengungsian.

Baca Juga: Eri Cahyadi Lakukan Asesmen Ulang Kekuatan Bangunan Rumah Sakit Terhadap Gempa

Dandim menambahkan, prajurit dari Kodim Gresik telah diberangkatkan terlebih dahulu untuk membantu warga yang terkena dampak bencana gempa.

Diketahui sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6 hingga 6,5 dengan pusat di wilayah Tuban, Jawa Timur, juga melanda Pulau Bawean, Jumat (22/3/2024).

Baca Juga: Gempa Susulan Mengguncang Jatim 58 Kali, Surabaya Bangun Tenda Rumah Sakit Darurat

'Gempa yang terjadi sebanyak tiga kali ini mengakibatkan kerusakan infrastruktur dan sejumlah rumah di Pulau Bawean," pungkas Dandim.

(red)

Editor : Jabrik