KAI Operasikan Kereta Majapahit Gerbong Baru Modern, Segera Pasar Senen ke Malang PP

Foto: Dok KAI/ARTIK.ID
Foto: Dok KAI/ARTIK.ID

MALANG | ARTIK.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meningkatkan pelayanan KA Majapahit relasi Pasar Senen ke Malang pp dengan menggunakan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation.

Pengoperasian kereta baru ini dimulai pada 25 Maret 2024 untuk relasi Malang ke Pasar Senen dan 26 Maret 2024 untuk relasi Pasarsenen ke Malang.

Baca Juga: Kodim Gresik dan BNPB Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Pulau Bawean

“Peningkatan pelayanan ini merupakan wujud komitmen KAI dalam memenuhi kebutuhan dan masukan dari pelanggan untuk meningkatkan pelayanan dan pengalaman pelanggan. Sehingga tetap relevan dengan perkembangan zaman,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kereta ekonomi sebelumnya.

Kapasitas tempat duduk yang lebih sedikit yakni 72 kursi, sehingga ruang kaki lebih luas. Kursi tipe captain seat yang lebih nyaman dengan sandaran yang bisa diatur kemiringannya (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

Pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta menggunakan pintu elektrik otomatis.

Passenger Information Display System (PIDS) di setiap kereta yang menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. Ditambah port USB charger di setiap kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta.

Jendela yang di-upgrade menjadi tempered double glass untuk keamanan yang lebih tinggi, mengurangi panas dan sinar UV, serta meredam kebisingan.

Baca Juga: Dampingi Peternak di Desa Golokan, Babinsa Koramil Sidayu Bagi Tips Sukses Beternak Sapi

Toilet yang lebih banyak (2 toilet) dan lebih modern (toilet duduk) dengan pemisahan antara toilet pria dan wanita. Di toilet wanita tersedia meja lipat untuk mengganti popok bayi.

Kereta Makan yang diperbarui dengan interior dan furnitur premium, serta dilengkapi dengan PIDS. Serta dilengkapi musala untuk penumpang beragama Islam.

Joni Martinus memaparkan, KA Majapahit desertai dengan rangkaian Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation ini sudah dapat digunakan masyarakat untuk mudik Lebaran.

"Jadwal relasi Pasar Senen ke Malang, berangkat dari Pasar Senen pukul 19.20 WIB dan tiba di Malang pukul 10.07 WIB. Sedangkan relasi Malang ke Pasar Senen, berangkat dari Malang pukul 18.45 WIB dan tiba di Pasar Senen pukul 08.37 WIB," tutur Joni Martinus.

Baca Juga: Mudik ke Surabaya dengan Kapal Perang TNI AL, Ayo Buruan Mendaftar! Gratis Lho

Dengan kenyamanan yang semakin meningkat, KAI berharap masyarakat semakin tertarik untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu, terutama di masa angkutan lebaran.

“KAI akan terus mengupgrade kereta-kereta yang sudah ada. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu, terlebih di masa angkutan lebaran sehingga tercipta mudik ceria penuh makna,” tutup Joni.

(diy)

Editor : Jabrik