Terkait Raperda Pariwisata, Politisi PSI Surabaya, Alfian Limardi Dorong Local Guide Terlibat

Anggota Komisi B Surabaya, Alfian Limardi. Foto © ARTIK/FUDAILI
Anggota Komisi B Surabaya, Alfian Limardi. Foto © ARTIK/FUDAILI

SURABAYA | ARTIK ID - Terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pariwisata, Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya Alfian Limardi, Jumat (1/12) mengatakan, supaya nantinya peraturan tersebut benar-benar bisa menyokong kegiatan pariwisata di Surabaya.

"Maka para pelaku usaha, guide dan seniman khususnya yang bergerak dalam pariwisata harus terlibat dalam pembuatan Raperda ini, agar bisa mengakomodir semuanya," ujar Alfian.

Baca Juga: Adi Sutarwijono Minta Asisten Muda Wali Kota Surabaya Lebih Optimal Sediakan Lapangan Kerja

Sebab, menurutnya efek domino dari pariwisata itu panjang, jika bisa dikelola dengan baik dirinya yakin dari sisi ekonomi juga akan terbangun.

Jadi teman-teman tour guide yang ada di Surabaya ini harus dapat porsinya secara adil, jangan sampai nanti ada lokal guide dari luar yang akhirnya mengambil kesempatan yang ada di Surabaya.

"Contoh misalnya di Bali, tamu tamu yang datang ke Bali itu harus menggunakan lokal guide yang ada di Bali, tidak boleh dari luar Bali," kata Alfian.

Kemudian juga perlu ada sosialisasi, pembinaan dan kaderisasi agar dunia guede di Surabaya ini jadi lebih panjang.

Baca Juga: Caleg PDI Perjuangan Dapil 3 Surabaya Abdul Ghoni Sosialisasi Program Ganjar-Mahfud

Apalagi, Menurut Alfian, Surabaya sebagai kota besar kedua di Indonesia yang punya cukup kekayaan wisata, maka keberadaan Local Guide ini bisa menjadi wajah terdepan untuk mempromosikan kota Surabaya.

Selain itu, untuk memastikan dampak Ekonomi dari Pariwisata di Surabaya, maka teman-teman yang ada di garda terdepan seperti guide dan seniman itu tidak hanya terlibat dalam pembuatan peraturan, tapi harus juga dilibatkan juga dalam menentukan objek atau spot wisata yang akan dibangun.

"Teman-teman Guide dan seniman itu yang lebih tahu kondisi di lapangan, mereka ini harus terlibat langsung. Jadi bukan hanya dari kalangan Akademisi saja yang dilibatkan," ujarnya.

Baca Juga: Abdul Ghoni Bantu Pondok Pesantren Aitam Surabaya Kembangkan Wirausaha Kambing

Selain itu, Alfian menambahkan, ke depan perlu satu agenda dan event-event yang jelas, dan bisa melibatkan komunitas yang ada, misalnya komunitas Vespa, sepeda dan yang lainnya.

(ara)

 

Editor : Fudai