Polri siapkan Operasi Mantab Brata untuk mengamankan Pemilu 2024

Simulasi sispamkota personel gabungan Polda Kalsel dan Polres Banjarmasin untuk pengamanan Pemilu 2024
Simulasi sispamkota personel gabungan Polda Kalsel dan Polres Banjarmasin untuk pengamanan Pemilu 2024

JAKARTA | ARTIK.ID - Dari sisa waktu kurang lebih sekitar 5 bulan dari saat ini, pada tanggal 14 Februari 2024, merupakan moment yang sangat penting untuk negeri Indonesia ini akan digelar pelaksaan Pemilu serentak pemungutan suara untuk memilih calon anggota Legislatif dan calon Presiden.

Polri siapkan Operasi Mantab Brata untuk mengamankan Pemilu 2024 sebagai penanggung jawab pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada tahapan pelaksanaan inti pemilu dan juga pilkada 2024, operasi ini akan dilaksanakan selama 211 hari.

Baca Juga: Thoriqoh Syathoriyyah Deklarasi Dukung dan Menangkan AMIN di Pilpres 2024

Sebagai tanggungjawab tugas pengamanan pada Pemilu 2024, Polri menerapkan salah satu strategi cooling system, dan sejumlah strategi pengamanan lainnya telah disusun oleh Polri untuk mengantisipasi terjadinya suhu politik yang akan memanas di tengah masyarakat dengan pola pendekatan.

Baca Juga: Resmikan Posko Aswaja di Surabaya, Anies Singgung Capaiannya Tutup Alexis

untuk itu, Kapolri dalam hal ini Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan pada seluruh jajarannya untuk bersiap siaga memastikan pelaksanaan Pemilu yang kondusip, terbebas dari isu hoaks, ujaran kebencian, politik SARA yang dapat memicu terjadinya saling menghujat akibat perbedaan politik.

oleh sebab itu, dalam mengantisipasi terjadinya potensi konflik yang mengakibatkan terhambatnya pelaksanaan Pemilu 2024, Polri juga mengajak seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan seluruh lapisan masyarakat untuk menggaungkan seruan "Pemilu Damai".

Baca Juga: Kecewa Berat pada Megawati, Jokowi Bermanuver Dekati Prabowo

Tak kalah pentingnya Polri juga menjalin komunikasi yang intensif dengan penyelenggara Pemilu, baik KPU maupun BAWASLU untuk membangun sinergitas yang erat untuk mengenyampingkan ego sektoral yang bisa mengganggu kelancaran dalam mempersiapkan Pemilu 2024. (saif)

Editor : syaiful