Indonesia Selangkah Lagi Menuju Juara Umum ASEAN University Games 2024

SURABAYA | ARTIK.ID - Kontingen Indonesia semakin dekat dengan status Juara Umum 21st ASEAN University Games 2024 setelah meraih empat medali emas tambahan dari cabang olahraga taekwondo dan atletik pada Rabu (3/7)

Pada cabang taekwondo, Raihan Muhammad Bastam (-63 kg Putra) dan Silvana Lamanda (-62 kg Putri) tampil gemilang di Universitas Brawijaya, Malang. Bastam mengamankan medali emas dengan mengalahkan Sritimongkol Napat (Thailand) dalam dua ronde, sementara Silvana unggul 2-1 atas Sukhamon Pacharaporn (Thailand).

Baca Juga: ASEAN University Games di Surabaya dan Malang Usai, Indonesia Cetak Rekor Juara Umum ke 11 Kalinya

Dua medali emas lainnya disumbangkan oleh Wahyudi Putra di lari 1.500 meter putra dan Vinsensia Awutet Amjaram di lompat jauh putri di Lapangan Atletik Universitas Surabaya.

Tambahan medali ini meningkatkan perolehan emas Indonesia menjadi 84 medali, memperkuat posisi mereka di puncak klasemen sementara AUG 2024.

Baca Juga: UNESA Ukir Sejarah Baru, Gelar Turnamen Petanque Internasional Terbesar dengan 400 Peserta

"Alhamdulillah, posisi kita semakin kuat di klasemen dan peluang menjadi juara umum semakin besar. Namun, kita tidak boleh lengah. Masih ada medali yang diperebutkan hingga 6 Juli 2024. Saya berpesan kepada para atlet untuk jangan lengah, jaga fokus dan motivasi untuk merebut medali emas yang tersisa," ujar Del Asri, Ketua Kontingen Indonesia.

Del Asri juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja keras atlet dan pelatih, serta dukungan penuh dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Belmawa Dikti), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca Juga: Zohri Raih Emas di Cabor Lari 100 M Putra Asean University Games, Taklukkan Pelari Malaysia

"Ini berkat dukungan maksimal yang diberikan semua pihak sehingga atlet dan pelatih bisa fokus pada pertandingan dan meraih prestasi terbaik. Tim pendukung Sports Science yang terdiri dari dokter spesialis kesehatan olahraga, psikolog olahraga, fisioterapi, paramedik, dan masseur juga berperan penting dalam kesuksesan para atlet," tambah Del Asri.

Editor : Jabrik