Banjir Rendam 1.547 Rumah di Dua Kecamatan Gorontalo, 350 Jiwa Mengungsi

GORONTALO | ARTIK.ID - Hujan dengan itensitas tinggi sebabkan banjir di dua kecamatan yang ada di wilayah Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo pada Rabu (26/6). Dua kecamatan yang dimaksud ialah Kecamatan Dumbo Raya dan Kota Barat.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun BNPB, banjir akibatkan 1.547 KK / 4.989 jiwa terdampak dari peristiwa tersebut. Sebanyak 350 jiwa diantaranya dilaporkan mengungsi ke SDN 38 dan SDN 41.

Baca Juga: Tim Pencari Kembali Temukan Korban Tewas Akibat Banjir Bandang di Simangalumpe

Banjir ini juga merendam 1.547 unit rumah warga di dua kecamatan. Kondisi terkini pada Kamis (27/6) pukul 10.58, banjir berangsur surut di beberapa titik.

Baca Juga: Natuna Diterjang Banjir, Pemerintah Sudah Siapkan Tempat Pengungsian

Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo sejak kemarin terus berjibaku di lokasi terdampak untuk melakukan pendataan dan koordinasi kepada pihak terkait guna lakukan penanganan lebih lanjut.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan pemberitahuan terkait peringatan dini potensi adanya hujan dengan itensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat untuk sebagian wilayah di Provinsi Gorontalo pada Jumat (28/6) dan Sabtu (29/6).

Baca Juga: Lima Kelurahan di Tangerang Dilanda Banjir, 1.580 Rumah Terendam

Melihat potensi tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat, meskipun banjir berangsur surut agar tetap waspada apabila banjir kembali terjadi. Adapun yang bisa dilakukan antara lain dengan menyiapkan tim siaga bencana tingkat kelurahan dan desa hingga mematuhi informasi yang diberikan oleh pihak yang berwenang di daerah masing-masing.

Editor : Jabrik