LPD Kecamatan Bangli Gelar Tirta Yatra di Empat Pura di Luar Bali

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) se-Kecamatan Bangli
Lembaga Perkreditan Desa (LPD) se-Kecamatan Bangli

BANGLI | ARTIK.ID - Lembaga Perkreditan Desa (LPD) se-Kecamatan Bangli sukses menggelar kegiatan Tirta Yatra di empat pura yang berada di luar Bali. Acara ini berlangsung dari tanggal 15 hingga 17 Juni 2024, dengan mengunjungi pura-pura suci yang terletak di Jawa Timur.

Ketua Badan Kerjasama LPD (BKS LPD) Kecamatan Bangli, I Nyoman Jetiawan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bank BPD Bali Cabang Bangli yang telah memberikan dukungan penuh sehingga kegiatan Tirta Yatra ini dapat terlaksana dengan baik. "Kami sangat berterima kasih kepada Bang BPD Bali Cabang Bangli atas bantuan dan dukungannya dalam penyelenggaraan kegiatan Tirta Yatra ini. Partisipasi dan kontribusi mereka sangat berarti bagi kami," ungkap I Nyoman Jetiawan.

Baca Juga: Webinar Membangun Koperasi Tangguh Melalui Peningkatan "Knowledge, Skill, Attitude" Siap Digelar

Selama tiga hari, para peserta Tirta Yatra mengunjungi empat pura suci yang tersebar di wilayah Jawa Timur, yaitu:

1. Pura Blambangan, Banyuwangi

   Terletak di Banyuwangi, Pura Blambangan merupakan salah satu pura tertua yang memiliki nilai sejarah dan spiritual tinggi bagi umat Hindu.

2. Pura Alas Purwo, Banyuwangi

   Pura Alas Purwo dikenal dengan suasana hening dan sakral, terletak di tengah hutan taman nasional Alas Purwo yang menambah kesucian tempat ini.

3. Pura Mandara Giri, Semeru, Lumajang

Baca Juga: LPD Desa Adat Umanyar Kembali Menggeliat, Aset Mencapai Rp 731 Juta: Harapkan Dukungan Masyarakat

   Berada di kaki Gunung Semeru, Pura Mandara Giri menawarkan pemandangan alam yang indah dan aura spiritual yang kuat, menjadikannya tempat yang tepat untuk meditasi dan refleksi diri.

4. Pura Poten, Bromo, Probolinggo

   Pura Poten terletak di lautan pasir Gunung Bromo, tempat ini menjadi saksi bisu keindahan alam dan kekuatan spiritual yang memikat setiap pengunjung.

Kegiatan Tirta Yatra ini bertujuan untuk mempererat hubungan spiritual antara umat Hindu di Bali dengan pura-pura suci di luar pulau. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat memperkuat solidaritas dan kebersamaan antar anggota LPD se-Kecamatan Bangli.

Baca Juga: Waterboom Sidembunut (WBS) di Hari Raya Idul fitri: Destinasi Seru untuk Berlibur Bersama Keluarga

Para peserta Tirta Yatra merasa sangat bersyukur dan terinspirasi oleh pengalaman spiritual yang mereka dapatkan selama perjalanan. "Ini adalah pengalaman yang sangat bermakna bagi kami. Selain memperkuat iman dan spiritualitas, kami juga bisa belajar banyak tentang sejarah dan budaya Hindu di luar Bali," ujar salah satu peserta.

Dengan suksesnya acara ini, LPD Kecamatan Bangli berharap dapat terus melaksanakan kegiatan serupa di masa depan, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas spiritual anggotanya, tetapi juga untuk menjalin Sima Krama dan mempererat persaudaraan antar umat Hindu di berbagai daerah.

Tentang LPD Kecamatan Bangli:

LPD Kecamatan Bangli adalah lembaga keuangan yang berfokus pada pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Bangli. Melalui berbagai program dan kegiatan, LPD Kecamatan Bangli berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga nilai-nilai budaya serta spiritualitas Hindu.(*)

Editor : LANI