Jokowi Pimpin Rakornas Pengendali Inflasi di Istana, Dihadiri Seluruh Pj Gubernur Papua

JAKARTA | ARTIK.ID - Para Pj Gubernur se Papua menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengendali Inflasi 2024 di Istana Merdeka, Jakarta, yang langsung dipimpin Presiden Joko Widodo, dan dihadiri Gubernur Bank Indonesia, Menko Perekonomian dan Menteri Dalam Negeri di Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga:

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo, menyampaikan apresiasi atas berbagai langkah yang telah ditempuh oleh berbagai pemerintah provinsi, termasuk 6 provinsi di Tanah Papua.

Presiden apresiasi kepada Menteri Dalam Negeri yang telah memetakan perkembangan inflasi setiap provinsi, kabupaten dan kota setiap minggu, serta memastikan langkah-langkah pengendalian inflasi setiap daerah.

Presiden mendorong integrasi kerja dari pemerintah pusat dan daerah dalam mengendalikan inflasi. Apalagi, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memberikan peringatan bahwa saat ini dunia mengalami perubahan iklim dengan gelombang panas yang tinggi yang akan berpengaruh pada urusan pangan.

Presiden mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan sistem pertanian menjadi lebih modern dengan menggunakan sistem smart agriculture terutama untuk produk pangan unggulan.

Investasi juga diperlukan untuk membangun industri pengolahan sehingga nilai tambah produksi pertanian meningkat.

Undang investasi untuk membangun industri pengolahan, untuk membangun pabrik pengolahannya, sehingga nilai tambah dari setiap produksi yang ada di pertanian, perkebunan kita menjadi berlipat. Bangun juga sistem distribusi yang terintegrasi.

Mensikapi arahan Presiden ini, Pj Gubernur Papua (Selatan, Pegunungan), menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden atas arahan yang sangat jelas kepada Pemerintah Provinsi, termasuk Papua, agar memberikan perhatian atas sektor pertanian, perubahan iklim, komoditas unggulan setiap daerah, pergudangan, pengairan serta sistem distribusi logistik ke pasar.

Sejalan dengan arahan Presiden, selama ini Pemerintah Provinsi Papua(Selatan, Pegunungan) telah melakukan langkah-langkah atas pengendalian inflasi, seperti.Kiranya langkah-langkah tersebut dapat berkontribusi secara nasional guna pengendalian inflasi secara nasional, jelas Pj Gubernur Papua. (ark)

Editor : Amatus Rahakbauw