KSP Indo Bangun Artha Mandiri Menarik Banyak Anggota dalam Delapan Bulan, Aset Tembus Rp 2,9 Miliar

BADUNG | ARTIK.ID -  Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indo Bangun Artha Mandiri (Indobam) terus menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan sejak berdiri delapan bulan yang lalu. Dalam waktu singkat, KSP Indobam berhasil menarik banyak anggota dengan total aset yang kini telah mencapai Rp 2,9 miliar.

Menejer KSP Indobam, I Wayan Sudirsa, dalam wawancara di kantor koperasi yang berlokasi di JL. Pekandelan, Lingkungan Dukuh Sari, Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Badung, menyatakan bahwa respon masyarakat terhadap keberadaan koperasi sangat positif. "Dalam jangka waktu delapan bulan, pergerakan koperasi sangat bagus, terutama respon masyarakat yang sangat baik," kata Sudirsa.

Baca Juga: Kadis Kebudayaan Kabupaten Badung Sampaikan Sambutan pada Pembukaan Pelatihan Peningkatan SDM LPD

Kesuksesan ini tidak lepas dari strategi Indobam yang menawarkan bunga pinjaman rendah, yakni hanya 1%. "Kami menawarkan bunga yang sangat kompetitif dibandingkan tempat lain yang bisa mencapai 3-4%. Ini membuat banyak orang tertarik untuk bergabung dan memanfaatkan layanan koperasi kami," jelas Sudirsa.

**Fokus pada Usaha Anggota**

Indobam berkomitmen untuk membantu anggotanya dalam mengembangkan usaha. Sudirsa menjelaskan bahwa mayoritas pinjaman yang diberikan digunakan untuk modal usaha. "Kami mengetahui kondisi usaha anggota, sehingga memberikan bunga yang rendah untuk membantu mereka berkembang," ujar Sudirsa.

Ia juga menyatakan bahwa target koperasi adalah untuk terus menambah jumlah anggota dan memperluas jangkauan layanan. "Kami baru berdiri, tapi ke depan kami akan terus berkembang dan menambah anggota. Target kami sampai Desember adalah mencapai 600 anggota," tambahnya.

**Inovasi Teknologi dan Komunikasi**

Baca Juga: Berkolaborasi, BKS LPD dan LP LPD Bali Gelar Pelatihan Peningkatan SDM LPD di Kabupaten Badung

Untuk mendukung operasional dan meningkatkan efisiensi, Indobam mengadopsi teknologi dalam prosesnya. "Kami menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan anggota melalui berbagai media, sehingga hubungan dengan anggota menjadi lebih erat dan efektif," kata Sudirsa.

Selain itu, koperasi juga memastikan bahwa setiap pinjaman anggota dilunasi dengan memotong dari tabungan mereka setiap bulan. "Dengan bunga yang rendah dan sistem pelunasan yang mudah, anggota kami dapat membayar pinjaman dengan nyaman," jelasnya.

**Optimisme di Masa Depan**

Baca Juga: Sejarah Minyak Sari Pure Herbals, PT Mulia Ayurvedic Sanjivani, Menjaga Tradisi dengan Inovasi

Dengan pencapaian yang signifikan dalam waktu singkat, KSP Indobam tetap optimis menghadapi masa depan. "Kami yakin dan tetap optimis bahwa koperasi akan terus berkembang. Harapan kami adalah semua anggota tetap konsisten dengan koperasi dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi," ujar Sudirsa.

Sudirsa juga menekankan bahwa dukungan dari anggota dan karyawan sangat penting bagi keberhasilan koperasi. "Baik karyawan maupun anggota harus terus mendukung operasional koperasi agar kita dapat mencapai target dan berkembang lebih baik di tahun 2024," tutupnya.

Dengan strategi yang tepat dan dukungan dari masyarakat, KSP Indo Bangun Artha Mandiri berpotensi menjadi salah satu koperasi terkemuka di wilayah ini, memberikan manfaat nyata bagi anggotanya dan komunitas sekitar.(*)

Editor : LANI