Ciputra Film Festival 2024 Dibanjiri Karya Mahasiswa dan Pelajar se Indonesia

SURABAYA | ARTIK.ID - Ciputra Film Festival (CFF) tahun ke-3 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi & Bisnis Media, Universitas Ciputra Surabaya berhasil menarik banyak sineas muda terutama mahasiswa dalam pengumpulan karya film pendek.

Pendaftaran yang dibuka dari 9 Maret hingga 20 April 2024 tersebut berhasil menarik lebih dari 300 mahasiswa yang turut berpartisipasi dalam pengumpulan karya di Ciputra Film Festival melalui media formulir online, hal ini menunjukkan tingginya minat dan antusiasme yang tinggi dalam dunia perfilman di Indonesia.

Baca Juga: Dianggap Menampilkan Adegan Pacaran Anak SD, Film Dilan 1983 Wo Ai Ni Tuai Kritik

Para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia telah mengirimkan karya yang luar biasa dalam berbagai program, baik kompetisi maupun non-kompetisi.

Di tahun ketiga Ciputra Film Festival, sebanyak 617 karya berhasil dikumpulkan, dengan 506 film fiksi dan 111 film dokumenter.

Selain itu, Ciputra Film Festival tahun ini berhasil membanjiri karya dari mahasiswa sebesar 55% dan sementara 45% sisanya berasal dari kalangan pelajar dan sineas.

Hal ini membuktikan bahwa gebrakan dari Ciptura Film Festival berhasil mencerminkan dampak positif bagi sineas muda terutama pelajar dan mahasiswa, serta meningkatkan minat mereka dalam dunia perfilman.

Penyelenggara acara tersebut, Delvin Angelia Yauri mengatakan, karya-karya yang diterima dalam Ciputra Film Festival akan melewati proses seleksi oleh tiga kurator yang tentunya memiliki latar belakang di dunia perfilman.
"Film-film yang berhasil dikurasi tentunya termasuk kedalam official selectionyang akan ditayangkan melalui program Screeningdi XXI Ciputra World Surabaya pada tanggal 28 Mei hingga 31 Mei 2024 mendatang," tutur Angelia.

Baca Juga: Aghniny Haque Kembali Hadir di Layar Lebar dengan Film Kontroversial "Tuhan, Izinkan Aku Berdosa"

Film tersebut akan dinilai oleh dewan juri, sedangkan penghargaan juara favorit akan ditentukan oleh voting dari sineas-sineas yang turut berpartisipasi dalam meramaikan XXI Ciputra World Surabaya.

"Tentunya, sineas muda yang berhasil lolos official selectionakan turut serta menghadiri Awarding Nightsebagai bentuk apresiasi penghargaan karya sineas," ungkap Angelia.

Dengan banyaknya partisipasi dari mahasiswa, Ciputra Film Festival tahun ke-3 ini berperan dalam mewadahi pelajar maupun mahasiswa untuk terus mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri bidang perfilman di Indonesia.

Baca Juga: Film "DO YOU SEE WHAT I SEE" Tawarkan Pengalaman Baru Berbagai Teknik Pengambilan Gambar

Keberhasilan Ciputra Film Festival ini tidak hanya menemukan bakat-bakat baru bagi sineas muda, namun juga memperkuat komunitas perfilman di Indonesia,ujar Rosihan Amril selaku Ketua Acara dari Ciputra Film Festival. (red)

 

 

Editor : Jabrik